Sebelum Jadi Anggota DPD RI, Ahmad Bastian Kerjakan Proyek 70 Miliar di Lamsel

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dihadirkan menjadi saksi, Anggota DPD RI Ahmad Bastian ungkap pernah setorkan fee sebesar Rp500 juta ke Agus Bhakti Nugroho, dalam kasus suap fee proyek di Dinas PUPR Kab. Lampung Selatan.

Namun, Ahmad Bastian juga mengungkapkan bahwa dirinya merupakan tim sukses pemenangan Zainudin Hasan dan Nanang Ermanto. “Saya cukup dengan Zainudin Hasan. Makanya saya kenal dengan beberapa orangnya,” katanya, Rabu (31/3).

Bacaan Lainnya



Menurutnya, memang bahwa dirinya dulu juga pernah mendapat kepercayaan untuk membangun rumah Zainudin Hasan dan Masjid Bani Hasan. “Itu di tahun 2014. Saya juga enggak mencampuri urusan pemenangan beliau. Saya fokus pada pembangunan saja,” kata dia.

Menurutnya, pembangunan berjalan sampai 2015 dan mendapatkan pembayaran melalui Darman, Jono dan Agus BN yang merupakan orang kepercayaan Zainudin. “Biaya nya itu dari pak Zainudin melalui Darman, Jono dan Agus BN,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, Ahmad Bastian pun mengakui apabila perusahaannya yakni CV Ras Berjaya ikut terlibat dalam pengerjaan proyek milik Bobby Zulhaidir orang dekat Zainudin. “Proyeknya Rp70 miliar. Saya ikut kerjakan proyek Bobby karena dia enggak paham wilayah Lamsel. Saya semua menyiapkan semuanya,” ucapnya.

Lalu terkait penyerahan uang sebesar Rp500 juta ke Agus BN, menurut Ahmad Bastian bahwa saat itu Agus sedang membutuhkan uang. “Uangnya untuk membayar kekurangan transaksi kepada Alzier untuk membeli tanah. Dan saya serahkan ke Agus di depan Bank BNI,” ungkap dia.

Secara terang-terangan, Ahmad Bastian berharap dari penyerahan tersebut mendapatkan paket proyek. “Dan awalnya saya harapkan dapat proyek, tapi ternyata gak dapat,” bebernya.

Tetapi hal itu pun disanggah oleh JPU, lantaran BAP Ahmad pernah mengerjakan paket proyek senilai Rp 9 miliar. “Saya itu cuman tukang, itu masih dipekerjaan dengan Bobby, tapi saya minta bedakan (pekerjaan) Rp 70 miliar dengan Rp 9 miliar,” pungkasnya. (*/mlo)




Pos terkait