Sejak jadi Kabupaten Literasi, Lambar Raih Banyak Penghargaan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Asisten III Bidang Administrasi Umum Ir. Natadjudin Amran beserta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs. Saripan Halim, Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Kabupaten Lambar dan Komunitas Literasi Lambar melakukan rapat evaluasi program komitmen pemerintah tentang kabupaten literasi di Ruang Rapat Sekincau, Jumat (3/7).

“Dalam pertemuan hari ini, kami membahas program komitmen pemerintah daerah tentang kabupaten literasi  yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu dua tahun setelah dicanangkan serta perencanaan program kerja  literasi kedepan,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs. Saripan Halim.

Bacaan Lainnya



Menurut dia, sejak dicanangkan menjadi kabupaten literasi telah cukup banyak program yang sudah dilaksanakan, seperti halnya Tim GLD telah mengukuhkan 10 pengurus Tim GLD tingkat kecamatan dan bekerjasama dengan Komunitas Literasi membentuk lamban baca  sebanyak 77.

Kemudian, mencari terobosan donasi baik materi maupun bahan bacaan sebagai donasi rutinitas yaitu RSIA Bunda, ibu Ester Pengusaha dari Jakarta, setiap peringatan HUT Korpri dan lain-lain serta mengadakan lomba menulis dan lain lainnya.   

“Dari pemerintah daerah juga dalam mendukung kabupaten literasi menyiapkan Bentor Perpusling.  Mudah-Mudahan tahun 2021 seluruh kecamatan se Lambar sudah terealisasi dan setiap pekon telah menganggarkan bahan pustaka melalui alokasi dana desa (ADD),” ucapnya.

Selain itu, kata Saripan, penghargaan-penghargaan telah banyak diraih baik di tingkat nasional, provinsi juga penghargaan dari media-media yang mengakui bahwa Lampung Barat sebagai kabupaten literasi dan satu-satunya yang mempunyai Mars Literasi serta senam literasi.

“Untuk perencanaan program kedepan akan lebih kita tingkatkan lagi, terutama tentang penghargaan-penghargaan, mencari terobosan donasi serta inovasi  baru. Semoga kedepan baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah, Tim GLD, Komunitas Literasi, dan masyarakat sesuai yang diamanahkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) No.19/2018 tentang Gerakan Literasi daerah (GLD) yaitu ada 11 pemangku kepentingan untuk mendukung Kabupaten Literasi ini dan semoga selalu kompak dan kerjasama/gotong royong demi Kabupaten Lambar sebagai Kabupaten Literasi,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait