Sejak Penerapan Tapping Box, Bapenda Pesbar Catat Pendapatan Naik Signifikan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mencatat berdasarkan hasil evaluasi pemasangan 10 unit tapping box, di hotel dan restoran di Kabupaten setempat. Kini hasilnya cukup baik. Hal itu terlihat dengan meningkatnya pendapatan daerah yang bersumber dari pajak hotel dan restoran.

Kepala Bapenda Pesbar, Kasmir, S.Sos., mengatakan, sejak ada pemasangan tapping box sebagai salah satu langkah dalam peningkatan Pendapatan Asli daerah (PAD) Kabupaten Pesbar, yang bersumber dari pajak daerah itu cukup berdampak bagi peningkatan pendapatan daerah. Sedangkan, tahap awal pemasangan tapping box hingga kini masih beroperasi itu yakni di Café Krui Wave, Hotel Lamban Apung, RM Al-Fazizah, Hotel Sartika, Café The Jack, dan Losmen Villa Desa.

Bacaan Lainnya

“Kemudian, di Hotel Cahaya Agung, Hotel Sunset Beach, RM.Ceria Laay, dan RM.Prambanan. Sejak dilakukan pemasangan tapping box itu pendapatan yang masuk ke daerah cukup baik,” katanya, Jumat (26/11).

Dicontohkannya, seperti di rumah makan atau Café The Jack dari Rp300 ribu, kini menjadi Rp1.700.000,- perbulan. Selain itu, RM.Prambanan dari Rp300 ribu kini menjadi Rp1 juta per bulan. Begitu juga dengan hotel dan restoran lainnya yang telah dipasang tapping box cukup mengalami kenaikan yang signifikan untuk pendapatan daerah itu.

“Tapi, meski sudah diterapkan, masih ada penggunaan tapping box yang belum maksimal digunakan. Karena itu kita akan melakukan upaya persuasif sebelum melakukan tindakan,” jelasnya.

Masih kata dia, dengan melihat penggunaan tapping box yang cukup baik untuk peningkatan pendapatan daerah itu, Pemkab Pesbar kedepan akan terus mengupayakan ada penambahan tapping box. Mengingat, di Kabupaten Pesbar ini cukup banyak hotel dan restoran sejenisnya yang masih beroperasi.

“Saat ini kita masih melakukan pendataan, dan pemeriksaan seluruh hotel dan restoran di Kabupaten Pesbar ini, sehingga bisa dilakukan kembali untuk penerapan tapping box. Dengan begitu akan sangat berdampak pada peningkatan PAD di Pesbar,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait