Sejumlah Balon Kakam Ikuti Tes Tertulis Pilkakam Serentak Waykanan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – 61 dari 297 orang bakal calon (balon) kepala kampung yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Kampung serentak di Kabupaten Waykanan pada tanggal 27 Mei yang akan datang, Senin (12/4) mengikuti tes tertulis.

Sesuai Peraturan Bupati Waykanan No.24/2018 tentang pelaksana peraturan daerah Kabupaten Waykanan No.3/2018 tentang pemilihan pengangkatan dan pemberhentian kepala kampung. Yang mengamanatkan apabila terdapat Bakal Calon Kepala Kampung yang lebih dari 5 orang, maka akan dilaksanakan seleksi secara tertulis.

Bacaan Lainnya



Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (DPMPK) kabupaten Waykanan Ixuan Akhmadi, S.Sos., melalui panitia pelaksanaan tes tertulis menjelaskan, Pilkakam serentak rencananya akan digelar di 85 kampung yang tersebar di 15 kecamatan dengan total balon mencapai 297 orang.

Dari 85 kampung itu terdapat 10 Kampung yang tersebar di 7 kecamatan memiliki calon lebih dari 5 orang dengan total balon mencapai 62 orang namun 1 bakal calon kepala kampung tidak hadir pada acara tes tertulis tersebut. 

Dari 10 Kampung tersebut, balon terbanyak di Kampung Setia Negara Kecamatan Baradatu dan kampung Suka Jadi Kecamatan Kasui dengan total jumlah yang sama yakni mencapai 7 orang. 

Berdasarkan Peraturan Bupati No.24/2018, tentang peraturan pelaksana Peraturan Daerah Kabupaten Waykanan No.3/2018 tentang Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Kampung, jumlah balon kakam untuk setiap desa sekurang-kurangnya 2 orang dan paling banyak 5 orang.

“Karenanya, menindaklanjuti Perbup tersebut, untuk kampung yang memiliki balon kakam lebih dari 5 orang harus mengikuti seleksi tes tertulis yang dilaksanakan hari ini, setelah hasil test hari ini keluar, akan ada penetapan balon menjadi calon yang rencananya dilaksanakan pada 14 April 2021 yang akan datang,” imbuhnya.(wk1/mlo)



Pos terkait