Sejumlah Rumah Warga Lamtim Rusak Dihantam Angin Puting Beliung dan Sambaran Petir 

Warga Desa Taman Negeri bergotong royong memangkas pohon tumbang yang menimpa rumah. - Foto BPBD Lamtim

Medialampung.co.id – Bencana angin puting beliung kembali menghantam wilayah Kabupaten Lampung Timur.

Kali ini, bencana yang diawali hujan deras disertai angin kencang itu menyerang Desa Taman Negeri Kecamatan Way Bungur.

Bacaan Lainnya


Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamtim Titin Wahyuni menjelaskan, tidak ada korban jiwa atas bencana itu. Namun, peristiwa yang terjadi, Sabtu (8/1) pukul 19.00 WIB itu mengakibatkan 1 rumah rusak sedang dan 2 rusak ringan. Kemudian, 1 rumah ibadah dan pagar balai desa juga mengalami kerusakan.

“Kerusakan itu disebabkan pohon tumbang akibat tertiup angin kencang,” jelas Titin Wahyuni mewakili Kepala BPBD Mulyanda, Minggu (9/1).

Dilanjutkan, saat ini petugas BPBD bersama warga serta personil TNI dan Polri sedang berusaha memangkas pohon tumbang yang menimpa rumah dan melintang di jalan raya. Kemudian, memperbaiki rumah warga yang mengalami kerusakan.

Ditambahkan, wilayah Lamtim merupakan daerah rawan bencana angin puting beliung. Karenanya, pemkab setempat menghimbau kepada warga agar memangkas dahan pohon yang berdada di seputaran rumah. Itu untuk mengantisipasi agar ketika terjadi angin kencang dahan yang patah tidak menimpa rumah.

Selain mengakibatkan kerusakan sejumlah rumah di Desa Taman Negeri Kecamatan Way Bungur.

Hujan deras yang terjadi pada Sabtu (8/1) juga mengakibatkan rumah Paniyem (70) warga Dusun V Desa Rantau Jaya Udik 2 Kecamatan Sukadana tersambar petir, pukul 19.30 WIB.

Kejadian itu mengakibatkan, KWH Meter dan sebagian atap rumah Paniyem hancur akibat sambaran petir. Sambaran petir itu, juga mengakibatkan Paniyem yang berada di dalam rumah mengalami syok (trauma). 

Warga sekitar yang mendapat informasi tentang kejadian itu langsung bergotong royong memperbaiki rumah Paniyem, Minggu (9/1).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamtim Titin Wahyuni menjelaskan, guna meringankan beban warga yang tertimpa bencana Pemkab Lamtim melalui BPBD telah menyalurkan bantuan sembako dan makanan siap saji. “Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban warga yang tertimpa bencana,” jelas Titin mewakili Kepala BPBD Mulyanda. (wid/mlo)


Pos terkait