Sekdaprov Imbau ASN Tingkatkan Kemampuan untuk Ikut Lelang Jabatan

  • Whatsapp
foto ilustrasi

Medialampung.co.id – Hasil lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemprov Lampung sudah diserahkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan tinggal menunggu rekomendasi untuk selanjutnya dilakukan pelantikan.

“Hasil lelang jabatan itu sudah disampaikan ke KASN. Setelah dinyatakan sesuai dan disetujui KASN, akan direkomendasikan ke gubernur untuk kemudian dilantik,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Fahrizal Darminto saat dimintai keterangannya di lingkungan kantor gubernur Lampung, Selasa (6/10).

Bacaan Lainnya



Dijelaskannya, sebanyak 22 JPTP dalam lelang tersebut, namun tidak semua dilanjutkan karena beberapa peserta mendaftar tidak memenuhi kriteria.

Sebanyak 62 peserta dinyatakan belum kompeten dan yang dinilai kompeten sebanyak 65 peserta. 

Karenanya, empat dari 20 jabatan yang dibuka akhirnya juga tak bisa berlanjut.

“Kalau masih ada yang kosong akan open bidding lagi, Tidak bisa kalau penunjukan, namun  bisa dengan job fit,” tambahnya.

Fahrizal mengingatkan ASN di Provinsi Lampung sebelum  akan mengikuti pelelangan tersebut harus maksimal dan mempelajari ketentuan pelelangan peraturan, dan prinsip-prinsip Pemerintahan.

“Pelajari ketentuan, peraturan, prinsip-prinsip pemerintah, demokrasi, karena soalnya disitu-situ saja. Serta kemampuan menulis dan paparan, karena jika sudah eselon II sudah harus memahami secara komprehensif segala persoalan. Untuk kompetensi itu teknis, kompetensi manajerial, kompetensi pemerintahan di daerah, di dalam negeri, seperti hubungan antara eksekutif dan legislatif bagaimana kita harus membuka  komunikasi publik, Itu harus dipersiapkan untuk lulus,” tutupnya. (ded/mlo)



Pos terkait