Sekdaprov Lampung Minta Upaya dan Kerja Sama untuk Memajukan Olahraga E-Sports 

Medialampung.co.id – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Fahrizal Darminto, meminta kedepan upaya-upaya dan kerjasama untuk memajukan olahraga E-Sports dilakukan secara simultan, sehingga membawa prestasi bagi E-Sports kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. 

Pernyataan itu disampaikan ketika membacakan sambutan Gubernur Lampung, dalam acara Pelantikan Pengurus Besar Cabang Olahraga E-Sports Indonesia (ESI) Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung Periode 2020-2024, di Ballroom Hotel Horison, Senin (10/1) malam. 

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung mendukung sepenuhnya keberadaan olahraga E-Sports tetapi untuk memajukannya diperlukan komitmen dan peran aktif semua pihak sehingga olahraga ini dapat semakin berjaya, baik ditingkat Nasional maupun Internasional.

Sekdaprov juga optimis dengan adanya peran aktif dan pembinaan Pengurus Cabang Olahraga E-Sports Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, atlet-atlet E-Sports Lampung dapat berlaga dan mendulang prestasi bahkan hingga ke mancanegara.

Sementara Ketua Umum E-Sports Provinsi Lampung Iwan Satriawan, yang melantik Pengurus Besar Cabang Olahraga E-Sports Indonesia (ESI) Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung Periode 2020-2024, mengapresiasi dukungan Gubernur Lampung untuk olahraga E-Sports.

“Kami ucapkan terimakasih kepada bapak Gubernur yang telah memberikan sarana dan prasarana esport berupa gedung esport Lampung beserta fasilitas penunjangnya, dan ini adalah yang pertama di Indonesia,” tegasnya. 

Ketua Harian E-Sports Provinsi Lampung, Iqbal Ardiansyah juga menambahkan bahwasanya pelantikan kepengurusan E-Sports Kabupaten/kota salah satu langkah awal untuk melakukan penjaringan para atlet-atlet muda E-Sports. 

“Itu merupakan langkah awal kami melakukan penjaringan-penjaringan atlet-atlet di daerah-daerah hingga ke pelosok desa yang selama ini belum terjaring dengan baik,” ungkapnya. 

Dikonfirmasi terpisah Ketua terpilih ESI Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) Ilham Akbar yang merupakan ketua termuda di Indonesia mengatakan akan fokus mengakomodir komunitas atau games di Pesbar. 

“Potensi dari pada gamers ini perlu di support dan diawasi agar tidak liar dan dapat berprestasi di kancah kabupaten, provinsi bahkan nasional,” ungkapnya. 

Ia juga mengatakan di era industri 4.0 games dinilai sebagai ‘disruptive’, atau bisa diartikan sesuatu yang mampu menciptakan peluang pasar baru. 

“Covid-19 yang telah menyebabkan semua orang berpaling ke digital device ‘memaksa’ kita beralih ke digitalisasi dengan cepat, maka dari itu dari sisi olahragapun bergeser kearah digital,” terangnya. 

Lanjutnya, Paradigma yang mencuat bahwasanya bermain games merupakan hal yang tidak baik dan hanya buang-buang waktu saja, nyatanya di era yang berkembang sangat cepat ini, kita generasi muda game changer ekonomi era digital. 

“Apa yang kita lihat saat ini anak muda kerjaan nya nongkrong sana-sini gak kerja dirumah aja sehari-hari tetapi bisa beli motor, gonta ganti gadget bahkan mobil. Itu lah efek. Itu yang banyak orang tidak tahu bahwa di era industri 4.0 games merupakan industri yang besar dan menghasilkan, maka dari itu kami ESI Kabupaten Pesisir barat mempunyai misi untuk memfasilitasi sekaligus mengawasi pemuda-pemudi di Pesisir Barat memanfaatkan kesempatan bermain game bukan hanya senang tetapi bisa menghasilkan uang,” pungkasnya. 

Usai pelantikan, Sekdaprov Lampung didampingi Ketua ESI Provinsi Lampung dan Sekretaris KONI Provinsi Lampung secara simbolis melaunching Piala Gubernur untuk E-Sports Provinsi Lampung yang digelar hingga Februari 2022 di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.(ded/mlo)

Pos terkait