Sekitar 18.000 Warga Lamteng Pasang KB Implan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id. – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Lampung Tengah menyatakan sudah ada sekitar 18.000 warga yang memasang KB Implant, baik lama maupun baru. Hal ini dikatakan Kepala DPPKB Lamteng Eduart Hartono.

“Implantt lama ini karena sudah berjalan tiga tahun. Ini upaya kita menekan laju pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan penduduk di Lamteng 1,2 %,” katanya.

Bacaan Lainnya



Eduart merinci, ada sekitar 340.000 pasangan usia subur di Lamteng. “Pasangan usia subur di Lamteng ada sekitar 340.000, sebanyak 228.000-an ikut KB, sisanya ini yang kita upayakan ikut KB,” ujarnya.

Banyaknya pasangan usia subur yang tidak ikut KB itu, kata Eduart, memiliki banyak alasannya.

“Ada yang ingin segera punya anak atau hamil dan belum ketemu sarana pelayanan yang tepat. Inilah tugas kita,” ungkapnya.

Eduart menambahkan, jenis KB yang paling banyak diminati masyarakat saat ini adalah KB suntik dibandingkan dengan Implant.

“Ini karena Implant tak mudah, biayanya juga mahal, bisa Rp500 ribu. Kalau KB meminum pil tak maksimal karena sering lupa. Makanya kita gratiskan pemasangan Implant. Sebab, Implant ini cara efektif mengendalikan pertumbuhan penduduk,” tegasnya. (sya/mlo)



Pos terkait