Sekolah di Pesbar Mulai Abaikan Prokes Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sejumlah sekolah di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), salah satunya di Kecamatan Pesisir Tengah, seperti Sekolah Dasar (SD), kini rata-rata sudah mulai mengabaikan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam upaya pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kabid Penegakan Peraturan Perundang-Undangan Daerah dan Sumber Daya Aparatur, Muhammad Adhar, S.E., mendampingi Plt.Kasatpol PP-Damkar Pesbar Cahyadi Moeis, mengatakan, dari hasil operasi yustisi dalam rangka penegakan prokes untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesbar di seluruh SD se-Kecamatan Pesisir Tengah, Sabtu (13/11) kemarin banyak ditemukan sekolah yang sudah mulai mengabaikan prokes.

Bacaan Lainnya

“Dalam operasi yustisi itu kita melibatkan 15 personel Satpol PP. Hal ini bertujuan salah satunya untuk memantau penerapan prokes di sekolah,” katanya.

Dikatakannya, dalam kegiatan operasi yustisi itu, pihaknya menyayangkan masih banyak ditemukan para guru dan siswa yang tidak disiplin mematuhi prokes seperti tidak memakai masker. Bahkan, sarana cuci tangan pun banyak ditemukan tempat penampung air yang kosong serta tidak dirawat.

“Kita sudah memberikan teguran lisan terhadap guru dan siswa yang tidak mematuhi prokes seperti tidak memakai masker, agar memakai masker saat di sekolah untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM),” jelasnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengimbau pihak sekolah agar segera melengkapi tempat cuci tangan, sehingga semua siswa dan guru benar-benar menerapkan dan mematuhi prokes secara ketat. Sebab, kini pandemi Covid-19 masih belum berakhir. seharusnya guru di setiap sekolah justru menjadi contoh yang baik bagi siswanya dalam menerapkan prokes Covid-19.

“Dalam kesempatan itu juga kami mengedukasi siswa, serta mensosialisasikan pencegahan dan pengendalian Covid-19, sebab ini untuk kepentingan bersama, sehingga harus benar-benar diperhatikan oleh seluruh sekolah, bukan hanya SD saja, tapi juga tingkat satuan pendidikan lainnya di Pesbar ini,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait