Sektor Kesehatan Jadi Prioritas Utama Pekon Tugumulya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Konsistensi Pekon Tugumulia, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) bidang kesehatan layak diapresiasi.

Bagaimana tidak untuk memberikan kemudahan dan keringanan masyarakat dalam urusan berobat, utamanya melahirkan (persalinan) sejak Tiga tahun lalu pemerintah pekon terus melengkapi fasilitas yang menjadi kebutuhan bidan bersama perawat pekon.

Bacaan Lainnya

Dan saat ini di Puskesdes setempat alat kesehatan (alkes) sudah ada layaknya fasilitas Pustu, yang dibeli menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD).  

Peratin Susilo Haryanto menyampaikan, dengan ditingkatkannya upaya pelayanan kesehatan, sejak beberapa tahun ini, di pekon itu tidak ada lagi masyarakat yang melakukan persalinan di rumah, melainkan di Puskesdes yang standby siang malam.

“Sejak ditingkatkannya pelayanan bidan desa dengan fasilitas yang memadai melalui ADD, Jika kondisi melahirkan normal dapat terlayani di fasilitas kesehatan pekon,” terangnya.

Dan kepada masyarakat, yang hendak melakukan pengobatan biasa, juga diberikan keringanan hanya dikenakan biaya sebesar Rp5.000,-. 

Dan tidak hanya disitu untuk Bidan Desa meskipun sudah ada insentif dari pemerintah, pekon juga menyalurkan insentif sebesar Rp200 Ribu sementara untuk Perawat Pekon sebesar Rp1 Juta. 

“Kita terus berupaya menerapkan dalam kehidupan masyarakat, program-program yang digulirkan pemerintah. Sehingga agar betul-betul dirasakan maka dengan kemampuan yang ada kami terus berupaya melengkapinya, seperti dibidang kesehatan,” tandas Susilo (r1n/mlo)


Pos terkait