Selain Covid-19, Ancaman DBD Tak Kalah Serius

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Selain pandemi coronavirus disease (covid-19). Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur juga menghimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap endemi demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Lamtim dr.Nanang Salman menjelaskan, selama periode Januari hingga April 2020 tercatat 508 warga terserang DBD. Rinciannya, Januari 129 kasus, Februari 201 kasus, Maret 140 kasus dan April 38 kasus.

Bacaan Lainnya



“Warga yang terserang DBD tersebar di 24 kecamatan,” jelasnya.

Menurutnya, dari ratusan warga yang terserang DBD tersebut sebagian besar telah sembuh. Sedangkan sebagian lagi masih menjalani perawatan di sejumlah Puskesmas dan rumah sakit.

Dilanjutkan, untuk mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti itu, jajarannya saat ini masih terus melakukan fogging focus (pengasapan) di seputaran rumah warga yang terserang. 

Ditambahkan, penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti tersebut perlu diwaspadai. Terutama di saat pandemi covid-19. Sebab, kondisi tubuh warga yang terserang akan menurun. Sehingga, dikhawatirkan akan mudah terpapar covid-19. 

Karenanya, Dinas Kesehatan menghimbau masyarakat meningkatkan kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan. Antara lain, melalui kegiatan pemberantasan sarang nyamuk dan senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat. (wid/mlo)



Pos terkait