Selain Infrastruktur, Camat Jatiagung Harapkan Kesehatan dan Pendidikan Jadi Prioritas

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka persiapan program pembangunan Tahun Anggaran (TA) 2022, empat desa di Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan mulai Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa, Kamis (30/9).

Keempat desa dimaksud adalah Karanganyar, Margaagung, Margolestari dan Margakaya yang dihadiri Camat Jatiagung Eko Irawan, S.STP., M.M., Kasi Ekobang Minarni, S.E., unsur pimpinan kecamatan (uspika) seperti kepala UPT Dinas PU, KUPT Puskesmas, KUPT Perpajakan, Kepala UPT Peternakan, kepala Korwil Pendidikan, pendamping kecamatan, pendamping desa, aparatur desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Camat Jatiagung Eko Irawan menyampaikan bahwa dalam musrenbang, yang diusulkan dan ditetapkan tidak hanya menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur, melainkan masyarakat harus bisa membangun jangka panjang melalui pembangunan mutu manusia agar nantinya generasi penerus bisa hidup sehat, bermutu dan berkualitas.

“Karena infrastruktur itu pembangunan jangka pendek,mengapa karena bisa hancur yang disebabkan oleh bencana maupun waktu, jadi pembangunan jangka panjang juga harus juga jadi fokus usulan,” ujar mantan camat Natar tersebut.

Lanjutnya, semua itu terdapat dalam program SDGs yang meliputi Peningkatan kesehatan, peningkatan mutu pendidikan, swasembada gizi, peningkatan perekonomian masyarakat serta yang tak kalah penting pengentasan stunting,” terangnya.

Kepala desa Karanganyar Sumanto mengatakan untuk usulan Musrenbang tahun anggaran (TA) 2022 ,desa mengusulkan pembangunan jalan penghubung antar Kecamatan yang terletak di Dusun Karangtani yang menghubungkan dengan Desa Krawangsari (Natar) dengan panjang 400 M.

Sementara Kades Margaagung, Suharno mengungkapkan, usulan di tahun anggaran 2022 yang dianggarkan dari dana desa (DD) meliputi Peningkatan jalan pertanian, program kesehatan tentang program stunting, bantuan BLT-DD serta penerbitan sertifikat masyarakat ,dan yang melalui anggaran APBD kabupaten mengharapkan peningkatan jalan desa yang menghubungkan dengan Desa Karangsari.

Sedangkan pejabat sementara (Pjs) Desa Margolestari Sutrisno mengatakan usulan di musrenbang tahun anggaran (TA) 2022, meliputi jalan lingkungan, peningkatan perekonomian masyarakat dan program stunting. (wji/mlo)


Pos terkait