Selain Latihan, Petugas Damkar Harus Aktif Sosialisasikan Penanganan Kebakaran

  • Whatsapp
Sekkab Tanggamus Hamid H Lubis saat memberikan pengarahan kepada petugas damkar. - Foto dok. Sat pol PP/mlo

Medialampung.co.id – Sekretaris kabupaten (Sekkab) Tanggamus, Hamid Heriansyah Lubis meminta kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bidang Linmas dan Damkar untuk lebih sering mengadakan simulasi penanganan kebakaran. 

Hal ini untuk semakin meningkatkan kemampuan para personel agar sigap dan tanggap terhadap bencana khususnya kebakaran.

Bacaan Lainnya



Selain rutin menggelar simulasi penanganan kebakaran, petugas pemadam kebakaran (Damkar) juga harus aktif melakukan Sosialisasi kepada masyarakat mengenai penanganan pertama apabila terjadi musibah kebakaran.

“Kedepan saya minta ada simulasi penanganan kebakaran agar penanganan kebakaran lebih maksimal. Begitu juga sosialisasi kepada masyarakat sangat penting sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan seperti harus menyiapkan karung goni,” kata Hamid Heriansyah Lubis.

Selain sosialisasi kepada masyarakat, Satpol PP juga diminta memberikan pemahaman penanganan pertama kepada organisasi perangkat daerah (OPD) lain. 

“Damkar harus bersinergi dengan OPD dan satuan kerja vertikal lain dalam upaya pencegahan dan penanganan musibah kebakaran,” tutur sekda.

Sementara, Kasi Damkar, Satpol PP Tanggamus Nuzirwan mengatakan bahwa usulan untuk latihan simulasi penanganan kebakaran dan sosialisasi ke masyarakat bakal dimasukan kedalam APBD 2021.

“Usulan itu akan kami sampaikan lagi, karena diusulkan tahun 2020 ini  belum di acc,” ujar Nuzirwan mewakil Kasatpol PP M.Suratman melalui pesan WhatsApp. (rnn/ehl/mlo)



Pos terkait