Selain Sosialisasi Prokes, Puskesmas Bina Dokter Cilik dan UKS

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – UPT Puskesmas Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat melakukan sosialisasi protokol kesehatan (prokes), pembagian masker, pembinaan dokter cilik (Dokcil) serta pembinaan unit kesehatan sekolah (UKS) ke sejumlah Sekolah Dasar (SD) di wilayah kerja puskesmas setempat, Kamis (3/12). 

Kepala UPT Puskesmas Lumbokseminung Khalif Ardhi S.Kep M.H, mengatakan,pihaknya memberikan edukasi kepada siswa tentang pentingnya memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya


“Kami memberikan penyuluhan tentang protokol kesehatan di sekolah. Kita mengedukasikan mengenai pencegahan Covid-19 dengan menerapkan 3M. Kita juga memberikan pengetahuan tentang kesehatan melalui peran UKS dan pembinaan Dokcil,” ungkapnya.

Dijelaskan, kegiatan sosialisasi dan pembinaan dokter kecil ini dilaksanakan oleh Petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling) dan Petugas Promosi Kesehatan (Promkes) selaku Pemegang Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

“Tujuan program ini adalah untuk dapat meningkatkan partisipasi para murid dalam program UKS, sehingga ke depan peserta didik dapat menjadi pelopor kesehatan di sekolah, rumah dan lingkungannya. Lalu para peserta pun dapat pula mengobati dirinya sendiri, teman, dan keluarga,” ungkapnya. Adapun materi yang diberikan, diantaranya tentang manfaat imunisasi, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan lingkungan, pencegahan Penyakit Berbasis Lingkungan, Cegah Stunting, Masalah Gizi dan PHBS.

“Melalui kegiatan ini kita berharap semua peserta bisa memahami materi yang disampaikan sehingga pada gilirannya bisa mengajak teman-teman sekolah mereka menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan tempat tinggal mereka masing-masing,” harapnya.

Sebab, lanjutnya, jika hal ini dapat diterapkan dengan baik, maka pada gilirannya dapat meningkatkan penerapan PHBS dan memiliki keterampilan dalam upaya pelayanan kesehatan sederhana.

“Kita berharap para peserta Dokcil menjadi teladan, penggerak dan pendorong hidup sehat bagi teman-temannya dan memiliki rasa kepedulian yang tinggi pada kesehatan lingkungan,” harapnya.(edi/mlo)




Pos terkait