Selama 2019 Lambar Bebas Flu Burung

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Kabupaten Lambar bebas dari virus Flu Burung (Avian Influenza). Pasalnya,  sejak Januari hingga kemarin belum ditemukan adanya kasus flu burung yang menyerang ternak unggas milik masyarakat.

“Sejauh ini kita belum menerima laporan terkait adanya ternak warga yang terserang penyakit flu burung dan semoga saja kedepan tidak ada ternak unggas warga yang terserang,” kata Kabid Peternakan Alma Arif mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar, S.P, M.Si.

Bacaan Lainnya



Untuk menanggulangi penyebaran virus flu burung pada hewan, kata dia, selama ini pihaknya telah menyiapkan vaksin flu burung sehingga bagi masyarakat diharapkan untuk rutin memvaksin ternaknya. Hal itu untuk mengantisipasi agar tidak  terserang penyakit.  “Kalau misalnya ada ternak warga yang diduga terserang flu burung, silahkan melaporkan ke Dinas Perkebunan dan Peternakan atau kepada petugas peternakan yang ada di tingkat kecamatan guna ditindaklanjuti,” ujarnya.

Para peralihan musim saat ini, kata dia, peternak unggas di Kabupaten Lambar diimbau untuk mewaspadai berbagai penyakit yang rentan menyerang ternaknya pada peralihan musim saat ini. Terlebih saat ini curah hujan di Kabupaten Lambar cukup tinggi.

“Pada saat terjadi musim peralihan seperti sekarang ini, ternak khususnya unggas biasanya rentan terhadap penyakit, jadi para peternak kita minta waspada dan menjaga kebersihan kandang,” harapnya.(lus/mlo)



Pos terkait