Selama Enam Tahun, Baru Berkurang 708 KPM

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, PESISIR TENGAH – Terhitung sejak 2014 silam hingga pemutakhiran tahap IV tahun 2019, terdapat 708 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dana Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) berkurang atau di graduasi dari jumlah 9.874 KPM.

Koordinator PKH Pesbar, Dendi, mengatakan hasil pemutakhiran terakhir tahap IV tahun 2019 di Kabupaten Pesbar masih sekitar 9.166 KPM penerima bansos PKH. Setiap tahun akan mengalami pengurangan secara bertahap.

Bacaan Lainnya


“Selama enam tahun sejak digulirkannya KPM-PKH itu jumlah KPM di Pesbar ini baru berkurang 708 KPM atau sekitar 7,7 persen,” kata Dendi, Selasa (16/7).

Karena itu, lanjutnya, jika untuk pengurangan angka kemiskinan hanya mengandalkan bansos PKH akan memakan waktu cukup lama. Sementara, pengurangan angka KPM-PKH di kabupaten Pesbar yang di graduasi setiap tahun dengan berbagai alasan, antara lain KPM habis komponen, pindah alamat atau domisili seperti pindah domisili keluar daerah, KPM sudah sejahtera dan KPM mundur karena sejahtera atau graduasi mandiri.

“Pendamping PKH di Kabupaten Pesbar hingga kini akan terus berupaya semaksimal mungkin agar dalam pemutakhiran data yang dilakukan setiap hari itu benar-benar akurat dan valid,” ungkapnya.

Pihaknya berharap dengan adanya bansos PKH itu dapat terus membantu keluarga pra sejahtera menjadi keluarga sejahtera. Selain itu, ada kesadaran bagi keluarga yang telah sejahtera dan masih menerima bansos PKH agar mundur atau graduasi mandiri sebagai peserta KPM-PKH.

“Hal itu karena masih banyak keluarga-keluarga miskin di Pesbar ini yang membutuhkan bantuan PKH itu,” ujarnya.

Namun, kata Dendi, jika KPM yang telah sejahtera tidak mengundurkan diri, maka akan diusulkan untuk di graduasi secara paksa. Untuk itu, pendamping PKH di seluruh Kecamatan setiap bulan akan melihat langsung kondisi sosial ekonomi KPM penerima bansos PKH itu.

“Mudah-mudahan kedepan KPM yang tidak lagi menerima bansos PKH itu dapat meningkatkan kesejahteraannya,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait