Selamat!! Kabupaten Mesuji Terima Penghargaan Eliminasi Malaria

  • Whatsapp
Kabupaten Mesuji menerima sertifikat penghargaan Eliminasi Malaria dari Kementerian Kesehatan yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn.) Terawan Agus Putranto, kepada Bupati Mesuji Saply TH pada acara pembukaan rapat koordinasi Kesehatan Nasional Tahun 2020 di JIExpo Convention Centre and Theater, Jakarta Rabu (19/2). - Foto Dok Prokompim Mesuji/mlo

Medialampung.co.id – Kabupaten Mesuji, menerima sertifikat penghargaan Eliminasi Malaria dari Kementerian Kesehatan yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Terawan Agus Putranto, kepada Bupati Mesuji Saply TH pada acara pembukaan rapat koordinasi Kesehatan Nasional Tahun 2020 di JIExpo Convention Centre and Theater, Jakarta, Rabu (19/2).

“Pemberian sertifikat penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat melalui Kemenkes RI kepada Kabupaten Mesuji.

Bacaan Lainnya



Menurut Bupati Mesuji Saply TH penghargaan tersebut diperoleh setelah tim penilai eliminasi malaria Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, telah melakukan survey dan penilaian ke kabupaten Mesuji, dan diputuskan Mesuji berhak menerima sertifikat ini.

Ada beberapa katagori penilaian yang dilakukan dari beberapa indikator Seperti tidak adanya penularan setempat (indigenous) nilai SPR (slide positif rate) angka positif malaria di banding jumlah slide yg diperiksa 5% dan API (ANUAL parasit insiden) tidak lebih dari 1/1000 penduduk.

“Saya merasa terharu atas penghargaan ini, karena untuk memperoleh penghargaan membutuhkan perjuangan yang sangat panjang,” ujar Saply.

Keberhasilan ini membuktikan bahwa pemerintah Kabupaten Mesuji telah berupaya optimal dalam meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten Mesuji.

“Namun dengan diraihnya Eliminasi Malaria di Kabupaten Mesuji ini tidak serta merta membuat kita berpuas diri, tapi justru semakin meningkatkan segala upaya pencegahan dan kewaspadaan dini terhadap penyakit malaria sekecil apapun masalahnya sehingga masyarakat Kabupaten Mesuji akan semakin terlindungi dari penyebaran dan penularan penyakit malaria,” imbuhnya.

Untuk itu Bupati Mesuji mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kemenkes atas pemberian sertifikat ini.

“Ini merupakan hasil kerja keras jajaran Pemkab Mesuji dan masyarakat untuk mewujudkan Mesuji yang bebas malaria,” jelasnya.

Selain Bupati Mesuji yang merupakan daerah satu-satunya di Provinsi Lampung yang menerima sertifikat penghargaan eliminasi malaria. Terdapat ada tiga kepala Daerah lainnya yang menerima penghargaan serupa yaitu Walikota Sawahlunto, Bupati Banyumas, dan Bupati Purbalingga. (muk/mlo)



Pos terkait