Seluruh Nakes di Lambar akan Divaksin Dosis Ketiga

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Seluruh tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Lampung Barat akan mendapatkan booster atau suntikan ke-3 vaksin Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sebagai upaya untuk memberikan proteksi lebih kepada Nakes di tengah Covid-19.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Lambar Bidang Komunikasi Publik Erna Yanti, S.Farm, APT, MPH., mengungkapkan, vaksin dosis ketiga yang akan diberikan kepada seluruh Nakes tersebut yakni vaksin Moderna asal Amerika Serikat.

Bacaan Lainnya

”Pemberian booster pada tenaga kesehatan diharapkan akan menjadi langkah tepat, mengingat lonjakan kasus positif dan kematian akibat Covid-19 juga dialami para tenaga kesehatan. Kondisi saat ini Nakes yang terpapar Covid-19 sudah cukup banyak sejalan dengan kenaikan kasus akhirnya berdampak juga kasus sakit,” ungkap Erna.

Erna mengimbau kepada seluruh tenaga kesehatan untuk segera divaksinasi dosis ketiga, apalagi untuk virus varian Delta ini dibutuhkan imunitas kuat, terutama saat menghadapi pasien positif Covid-19 secara langsung.

”Kami imbau para Nakes untuk tidak ragu-ragu dalam mendapatkan imunisasi yang ketiga, apalagi untuk virus varian Delta ini dibutuhkan imunitas kuat, terutama saat menghadapi pasien positif Covid-19 secara langsung,” ujarnya.

Hanya saja untuk pelaksanaan vaksinasi tersebut, Erna belum bisa memastikan dan masih menunggu petunjuk lebih lanjut, hanya saja pihaknya saat ini sudah mulai melakukan persiapan penerimaan vaksin.

”Kami sudah mulai lakukan persiapan untuk menerima vaksin, untuk petunjuk pelaksanaan masih belum ada, namun insha Allah kami siap untuk menyukseskan vaksinasi tahap ketiga untuk seluruh Nakes tersebut,” imbuhnya.

Untuk diketahui, tercatat sudah 307 Nakes di Lambar yang bekerja di 15 Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU), kemudian di Dinas Kesehatan (Dinkes) terpapar Covid-19.

Berdasarkan data Dinkes Lambar total jumlah Nakes di kabupaten setempat sebanyak 1.536 orang, 307 orang diantaranya atau 19,9 persen yang harus merasakan terpapar Covid-19 sebagai resiko dari profesi yang digeluti. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari awal pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 hingga bulan Juli 2021 ini.

Sebanyak 246 Nakes tersebut yang terpapar Covid-19 tersebut rinciannya yakni Puskesmas Sumberjaya 13 orang, Kebuntebu 24 orang, Gedungsurian 11 orang. Kemudian Waytenong 14 orang, Airhitam 13 orang, Pagardewa 15 orang, Sekincau empat orang, Batuketulis tujuh orang, Kenali (Belalau) 19 orang, Srimulyo (Suoh)15 orang, Bandarnegeri Suoh (BNS) 12 orang, Batubrak 23 orang, Liwa (Balikbukit) 23 orang, Lumbokseminung 17 orang Buay Nyerupa 19 orang, dan Dinkes 20 orang, kemudian di RSUD Alimuddin Umar 61 orang. 

Untuk total Nakes yang ada di Lambar sesuai data yang terinput di aplikasi sebanyak 1.536 orang dan terpapar Covid-19 sebanyak 307 orang. (nop/mlo)


Pos terkait