Seluruh PPS se-Pesbar Gelar Pleno DPHP

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Panitia Pemungutan Suara (PPS) diseluruh Pekon/Kelurahan se-Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mulai melaksanakan rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) pada Pilkada serentak 2020, Minggu (30/8).

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesbar, Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Martin Efendi, mengatakan pleno DPHP tingkat PPS itu merupakan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), dengan jumlah keseluruhan sebanyak 106.748 data pemilih.

Bacaan Lainnya



“Dalam rapat pleno rekapitulasi DPHP di tingkat PPS itu diharapkan dapat berjalan dengan baik dan tidak ada kendala,” katanya.

Masih kata dia, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh PPS jika mendapat tanggapan dan masukan dari Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), ranting partai politik (parpol) dan masyarakat diharapkan agar dapat direspon. Misal, jika ada warga yang telah memiliki hak pilih namun belum masuk dalam DPHP dengan bukti otentik seperti memiliki KTP-el dan Kartu Keluarga (KK) Kabupaten Pesbar agar warga tersebut dimasukan dalam DPHP.

“Kami juga akan terus mendampingi pelaksanaan pleno rekapitulasi DPHP disetiap PPSitu, mudah-mudahan hari ini bisa rampung semuanya,” jelasnya.

Masih kata dia, meski jadwal pleno rekapitulasi DPHP di tingkat PPS itu hingga tanggal 1 September 2020 nanti, namun diharapkan bisa selesai dihari pertama, sehingga pada tanggal 2 September 2020 juga dapat langsung dilaksanakan rapat pleno rekapitulasi DPHP di tingkat PPK yang dijadwalkan hingga 4 September 2020.

“Kita berharap dalam pleno DPHP baik di tingkat PPS dan PPK nanti tidak terkendala, karena itu kita juga meminta kepada semua pihak dapat berperan aktif untuk memberitahu petugas jika memang belum masuk di DPHP,” ujarnya.

Sementara itu, untuk rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat Provinsi akan dilaksanakan 15-16 September 2020,  pengumuman dan tanggapan masyarakat terhadap DPS 19-28 September 2020. Kemudian, perbaikan DPS oleh PPS tanggal 29-3 Oktober 2020 dan pada tanggal 17-26 Oktober penyampaian Daftar Pemilih Tetap (DPT) ke PPS serta pengumuman DPT oleh PPS dilaksanakan pada 28 Oktober sampai 6 Desember 2020.

“Kita berharap semua data pemilih dalam Pilkada Pesbar pada 9 Desember 2020 mendatang benar-benar valid dan akurat serta tidak ada persoalan yang berkaitan dengan data pemilih tersebut karena itu menyangkut hak masyarakat,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait