Semarak 3 Syawal, Pesta Topeng Sekura Digelar di Tiga Lokasi

Medialampung.co.id – Pesta sekura cakak buah atau panjat pinang yang dilengkapi dengan aneka ragam topeng dan menjadi tradisi turun temurun di kabupaten Lampung Barat pada 3 syawal Idul Fitri 1443 Hijriah Dilaksanakan di tiga lokasi yakni di Pekon Kotabesi Kecamatan Batubrak, Pekon Hujung Kecamatan Belalau dan Pekon Sukarami Kecamatan Balikbukit, Rabu (4/5).

Pesta sekura tahun ini seolah mengobati rasa rindu masyarakat setelah dua tahun lebih segala aktivitas keramaian dibatasi akibat pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya


Tampak, ratusan atau bahkan ribuan topeng sekura yang terdiri dari berbagai komunitas, serta perwakilan pekon-pekon lainnya sengaja datang, untuk sama-sama memeriahkan pesta yang menjadi tradisi di Bumi Beguai Jejama Sai Betik ini.

Seperti di Pekon Kitabes, tak kurang dari ribuan pengunjung memadati seluruh lingkungan pekon setempat. Pesta sekura tahun ini seolah mengobati rasa rindu masyarakat setelah dua tahun ini dilanda pandemi Covid-19.

Pesta sekura yang menjadi ajang silaturahmi masyarakat serta wujud kegembiraan setelah menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, 

“Pesta sekura tahun ini memang disambut dengan antusias, karena kita tahu dua tahun ini pesta sekura ini ditiadakan karena pandemi Covid-19,” ucap Ika salah satu warga setempat.

Menurutnya, Pesta topeng sekura adalah sebuah tradisi setiap lebaran hari raya idul fitri tiba, serta menjadi ajang silaturahmi dan tentunya wujud kegembiraan di hari kemenangan.

“Tentunya kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia terutama karang taruna dan seluruh lapisan masyarakat baik di Pekon Kotabesi maupun yang datang untuk meramaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Agus salah satu pengunjung yang berasal dari Pekon Sukabanjar, Kecamatan Lumboksemunung mengaku jauh -jauh datang untuk menyaksikan pesta tersebut.

“Ada keseruan tersendiri melihat pesta sekura ini, kebebasan berekspresi bagi para peserta topeng ini menjadi hiburan tersendiri bagi kami,” imbuhnya.(edi/mlo)


Pos terkait