Sembilan Kelurahan di Bandarlampung Dapat Suntikan Dana Program Padat Karya

  • Whatsapp
Kepala Bappeda Kota Bandarlampung, Khaidarmansyah

Medialampung.co.id – Sebanyak sembilan kelurahan di Kota Bandarlampung mendapatkan kucuran dana sebesar Rp300 juta untuk Program Padat Karya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandarlampung, Khaidarmansyah menjelaskan, keinginan Presiden adalah setiap ada pekerjaan fisik harus dilakukan dengan pola padat karya.

“Tahun ini kita dapat bantuan dari Kementerian PUPR. Insya Allah sudah akan dimulai programnya,” ungkapnya.

Khaidarmansyah juga menerangkan  kesembilan kelurahan yang akan melaksanakan program padat karya tersebut, antara lain Kelurahan Sepang Jaya, Sumberejo  Bumiwaras, Kota Karang Raya, Kota Karang, Sukamaju, Talang, Sukajawa Baru, Rajabasa Pemuka.

Dirinya juga membeberkan, dana bantuan sebesar Rp300 juta tersebut harus dapat digunakan dengan komposisi 60 % untuk upah pekerja dan 40 % untuk bahan material bangunan jadi pembagiannya harus sesuai.

Jadi pekerjaan yang dilakukan seperti  memperbaiki drainase, gorong-gorong dan tergantung dengan apa yang sudah ada disana.

“Karena ini adalah proyek dari Kementerian PU, maka yang direhabilitasi adalah proyek yang sebelumnya dibangun oleh dinas PU. Misalnya ada talud disana, berarti yang diperbaiki adalah talud,” lanjutnya.

Program padat karya ini juga wajib menggunakan jasa tukang bangunan di daerah masing-masing yang terdampak Covid-19.

“Pada proyek ini yang menjadi sasaran adalah tukang-tukang yang terdampak Covid-19, jadi bukan pemborong. Kita berdayakan tukang dari lingkungan sekitar,” terangnya.

“Dengan begitu, apa yang diinginkan Pemerintah Pusat dari program padat karya, yaitu memberikan bantuan kepada masyarakat dengan menjangkau banyak tenaga kerja dapat terwujud,” tandas Khaidarmansyah.(*/mlo)




Pos terkait