Seminar Kewirausahaan, Cetak Millenial Menjadi Entrepreneur 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pelajar Hebat Lampung Barat yang merupakan salah satu program unggulan dari ikatan pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Lampung Barat sukses digelar dalam seminar kewirausahaan. 

Acara yang digelar melalui webinar tersebut mengambil tema “Student Entrepreneur Berdikari” dengan menghadirkan dua pemateri utama yaitu Guntur Subagja Mahardika, S.Sos, M.Si., selaku Staf Khusus Wakil Presiden Republik Indonesia Bidang Ekonomi dan Achmad Dedek Riwanto J.S selaku Bendahara Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Provinsi Lampung. 

Bacaan Lainnya

Ikut bergabung dalam acara webinar tersebut Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Lampung Barat, Kepala Kemenag Kabupaten Lampung Barat, Tim Gerakan Literasi Daerah Kabupaten Lampung Barat, pimpinan pusat dan wilayah gerakan Santri Preneur Nusantara (geninusa) dan PCNU Kabupaten Lampung Barat.

Peserta yang diundang dalam kegiatan webinar tersebut meliputi pelajar SLTA se-Kabupaten Lampung Barat dan beberapa kader IPNU IPPNU dari seluruh Nusantara.

Ketua PCNU Lambar Hi. Muhammad Danang Hari Suseno, S. Ag, MH., yang diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Perekonomian Umat Drs.Junaidi Jamsari, MM., dalam sambutannya, yang sekaligus membuka acara tersebut mengatakan bahwa dalam situasi pandemi Covid-19 acara yang dilaksanakan para generasi penerus NU tersebut sangatlah bagus karena menurutnya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya kita saat ini berada di dunia digital dimana kita harus segera menyesuaikan diri sehingga kita tidak tertinggal oleh dunia lain. 

“Dalam masa pandemi Covid-19 ini dengan berbagai kendala yang dihadapi, kita pun dituntut untuk lebih aktif inovatif dengan segala keterbatasan mobilitas. Anak muda milenial dituntut menjadi sosok entrepreneur yang berani, inovatif, tangguh, dan tanggap menyuarakan ide-ide baru sehingga untuk kondisi ini penyelenggaraan webinar ini sangat strategis,” ungkapnya.

Sementara dalam materi pertama, Guntur Subagja Mahardika, yang sering disapa Gus Guntur mengutip apa yang disampaikan Presiden Jokowi bahwa Pandemi Covid-19 merupakan kawah candradimuka bagi rakyat Indonesia dimana kita diuji, diajarkan sekaligus diasah sehingga kita menjadi bangsa yang tahan banting.

“Kita mempunyai tugas besar dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 ini, dimana beberapa anggaran direfocusing dalam rangka pemberdayaan UMKM, pengembangan industri halal dan ekonomi syariah dan salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan seperti ini memberikan pembinaan dan pembekalan kepada anak muda milenial untuk berani berwirausaha,” katanya. 

Pada materi kedua, Ahmad Dedek Riwanto J.S menyampaikan materi terkait dasar berentrepreneur, serta memberikan apresiasi kepada PC IPNU Lampung Barat dalam program PELAJAR HEBAT dimana menjadi pelopor entrepreneur di Provinsi Lampung. Hal ini terbukti dengan program kemandirian yang sudah mulai berjalan dan memiliki beberapa produk diantaranya kopi bubuk berbagai kemasan.

Sementara Ketua IPNU Lambar Bayu Rohman menyampaikan bahwa peserta harus benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah ilmu sebagai bekal menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan memacu semangat kita dalam berwirausaha. 

“Saya berharap agar kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan secara berkelanjutan agar dapat mencetak kader yang kreatif, aktif dan inovatif,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait