Sempat Berstatus PDP, Via Valen Dinyatakan Negatif

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kabar baik seputar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).  Via Valen bocah berusia Dua Tahun warga Pekon Sukajadi, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang sebelumnya menjadi Pasien Dalam Pemantauan (PDP) Virus Corona, dinyatakan negatif setelah menjalani dua kali rapid test dan selesainya masa karantina selama 14 hari pada Kamis (23/4).

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap (UPT) Puskesmas Airhitam, Asminuddin, S.Kep., menyebutkan Via Valen menjadi Satu-Satunya PDP di Kecamatan Airhitam setelah diketahui mengalami sakit dengan gejala mengarah Covid-19.

Bacaan Lainnya



Ditambah lagi yang bersangkutan merupakan warga yang baru pulang dari luar daerah, dengan riwayat, tinggal di Blora, Jawa Tengah selama Dua bulan, dan pada Tanggal 29 Maret 2020, Pukul 17.30 WIB orang tua (ibu) dan Via Valen berangkat menuju Lambar.

Tanggal 30 Maret, Pukul 02.00 – 08.00 WIB mobil berhenti di Semarang, Jateng, kemudian perjalanan dilanjut dengan travel dan dijalan mobil menaikkan penumpang, yang yang mengalami batuk-batuk namun jarang dan menggunakan masker, duduknya tepat di belakang Via dan ibunya, dan orang tersebut  turun terlebih dahulu di Blitang.

Singkat cerita mobil travel yang ditumpangi  tiba di Lambar pada 31 Maret lalu. Sebelum tiba Kecamatan Airhitam pasien di screening di pos pinusan Sumberjaya dan tidak ada gejala apa-apa.

“Tanggal 31 Maret Tim Relawan Covid Pekon Sukajadi mendapatkan laporan pasien masuk ke pekon itu. Dan pada Tanggal 4 April Tim Relawan mendapat laporan bahwa Via mengalami batuk pilek yang dialaminya sejak Satu hari sebelumnya,” jelasnya.

Lalu tim puskesmas turun untuk melakukan pemeriksaan dan mendapati suhu tubuh Via Valen mencapai 39 derajat. Dan upaya pengobatan pun dilakukan hingga menjalani dua kali Rapid Test. 

“Alhamdulilah berjalannya hari kondisi Via Valen terus membaik dan hari ini (Kamis-red) satu Hari menjelang Bulan Suci Ramadhan dia sudah melewati masa karantina setelah kami dipimpin Pak Camat Dahlin memberikan edukasi penyuluhan tentang Covid-19 untuk aktivitas diri dirumah saja kepada Via Valen dan keluarga,” tandasnya. (rin/mlo)



Pos terkait