Sempat Terdampak Refocusing, 20 Titik Jalan Kabupaten Kembali Ditangani 

  • Whatsapp
Kabid Bina Marga DPUPR Lambar Robert Putra, S.T, M.T.

Medialampung.co.id – Sempat terdampak adanya refocusing anggaran dalam rangka penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), sebanyak 20 titik jalan kabupaten yang tersebar di sejumlah kecamatan di kabupaten setempat, akan ditangani akhir tahun ini yang bersumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun anggaran 2021.

Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Lambar Robert Putra, ST., mengungkapkan, sebanyak 20 titik jalan yang direncanakan ditangani tersebut merupakan penanganan lanjutan di APBD murni 2021 yang terkena refocusing anggaran.

Bacaan Lainnya

“Kan sempat terjadi refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19, meski tidak menghilangkan titik, namun mengharuskan untuk mengurangi volume. Contoh yang sebelumnya dianggarkan 80 meter tersisa 40 meter lagi, nah pada APBD perubahan itu dilanjutkan sesuai target awal,” ungkap Robert mendampingi Kepala DPUPR Lambar Ir. Sudarto.

Sebenarnya, kata Robert, pihaknya mengusulkan untuk anggaran perubahan sekitar Rp3 miliar lebih mengingat adanya titik yang perlu ditangani, namun setelah pembahasan terjadi pemangkasan sehingga tersisa angka Rp2 miliar.

“Tetapi untuk APBD perubahan belum disahkan, dan kami harapkan tidak ada lagi perubahan, karena masalahnya beberapa titik penanganannya sebisa mungkin dilakukan khususnya jalan-jalan kabupaten yang perlu perbaikan, karena itu menjadi harapan masyarakat,” kata dia.

Terusnya, pandemi Covid-19 membawa dampak yang luar biasa terhadap pembangunan khususnya di Bidang Bina Marga. Sehingga sejauh ini masih banyak usulan yang disampaikan amsyarakat melalui Musnrenbang masih belum bisa diakomodir, dan itu akan menjadi prioritas pihaknya kedepan. 

“Pandemi Covid-19 terjadi sejak 2020 lalu, refocusing anggaran pun sudah beberapa kali terjadi selama dua tahun terakhir. Anggaran yang sebelumnya sudah diperuntukkan untuk pembangunan terpaksa harus dialihkan untuk penanganan dan pencegahan Covid-19, jadi kami imbau kepada masyarakat untuk bersabar jika usulannya belum bisa direalisasikan,” pungkas Robert.(nop/mlo)


Pos terkait