Sempat Terdampar di CAL BBS, Seekor Duyung Kembali Dilepasliarkan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Seekor duyung (Dugong dugon) sempat ditemukan di perairan kawasan Cagar Alam Laut Bukit Barisan Selatan (CAL BBS) wilayah Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) pada Rabu (21/4) lalu.

Berdasarkan informasi yang didapat dari akun instagram Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS) melalui siaran pers No.SP.02/T.7/TU/HUMAS/4/2021, dijelaskan bahwa pada hari Rabu tanggal 21 April 2021 telah ditemukan satu ekor duyung (Dugong dugon) yang terdampar di pantai arah Penimbangan dalam keadaan hidup. 

Duyung ini ditemukan oleh petugas PT. Adhiniaga Kreasinusa/Artha Graha Peduli yaitu Hendra Gunawan dan Eko Susanto yang kemudian dilepasliarkan kembali di CAL BBS.

Direktur TWNC, Erick Hartanto saat dikonfirmasi Selasa (27/4), membenarkan bahwa ada seekor duyung yang terdampar di kawasan CAL BBS wilayah TWNC dalam keadaan hidup yang kemudian duyung tersebut dilepasliarkan kembali di kawasan CAL BBS.

“Duyung (Dugong dugon) merupakan salah satu hewan laut yang dilindungi, karena itu kita menghimbau agar masyarakat ikut berperan aktif untuk menjaga hewan laut yang dilindungi, salah satunya duyung,” tandasnya.(yan/mlo)


Pos terkait