Sempat Tersesat, 4 Mahasiswa ITERA Berhasil Dievakuasi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Empat orang Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang tersesat hingga kehabisan makanan saat mendaki gunung Seminung berhasil dievakuasi oleh tim gabungan Tim SAR Lampung dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat sekitar pukul 23.55 WIB, Minggu (20/10).

Mereka adalah Amin Joko Triono, Agus Manurung, Septian Hidayat, dan Sapta Firnando. Sebelumnya, empat mahasiswa ini dilaporkan tersesat di hutan saat mendaki ke puncak Gunung Seminung dari jalur Dusun Talang Pawoh, Pekon Lumbok Selatan.

Bacaan Lainnya



Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lambar Aliyurdin mengatakan, awalnya pihaknya menerima informasi pendaki yang tersesat pada Minggu (20/10) sekitar pukul 21.35 WIB, dari Kantor SAR Lampung.

”Awalnya empat mahasiswa ITERA ini mendaki Gunung Seminung pada Sabtu, (19/10), setelah itu pada Minggu (20/10), salah seorang pendaki mengabarkan bahwa mereka tersesat dan kehabisan makanan dengan menghubungi salah satu keluarga untuk meminta pertolongan dan bantuan evakuasi,” kata Aliyurdin.

Berdasar laporan keluarga mahasiswa, yang ditindaklanjuti Kantor SAR Lampung dan Pusdalops Lambar, lokasi terakhir pendaki sebelum hilang kontak ada di Gunung Seminung, Jaga Raga, Sukau. Diperkirakan di koordinat 04° 55’ 34.8” S – 103° 58’ 29.4” E.

Sementara itu, kapolsek Balikbukit Iptu Samsul Bahri, S.H., mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik., mengatakan keempat mahasiswa itu di temukan di kawasan hutan tepatnya di Pekon Jagaraga, Kecamatan Sukau.

“Saat ditemukan mereka sudah dalam kondisi lemah karena kekurangan makanan dan minuman, setelah itu langsung kita evakuasi untuk dibawa ke RSUD Alimuddin Umar,” terang Samsul.(edi/mlo)



Pos terkait