Sengketa Pilkakam Bukit Batu Belum Ada Titik Terang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dari 118 kampung yang melaksanakan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak tahun 2021 di Kabupaten Waykanan, hanya Kampung Bukit Batu Kecamatan Kasui yang belum menentukan pemenang karena masih mengalami sengketa hasil Pilkakam.

Sekretaris Daerah Kabupaten Waykanan H. Saipul, S.Sos., M.I.P., menjelaskan bahwa pihaknya telah beberapa kali melakukan mediasi antara  pelapor dan terlapor, namun belum ada  titik temu, dan bahkan Pemerintah Daerah Bersama Panitia Pemilihan Kepala Kampung Kabupaten Waykanan sudah beberapa kali melakukan rapat untuk membahas masalah tersebut.

Bacaan Lainnya

“Sampai saat ini sudah kami dengar semua laporan dan keterangan lengkap mengenai permasalahan itu dari kedua belah pihak, dan kami, masih menunggu hasil konsultasi dengan Staf Ahli bidang Hukum dan Pemerintahan DR. Bambang, M.Hum, dan DR. Budiono, M.Hum, baru nanti kami bisa menyimpulkan perihal laporan dugaan sengketa Pemilihan Kepala Kampung Bukit Batu,” ungkap Saipul.

Namun demikian, lanjutnya, pada tanggal 28 Juni 2021 mendatang, Bupati Waykanan harus sudah memiliki keputusan, sebab batas pelaporan sengketa Pilkakam oleh salah satu calon Kepala Kampung Bukit Batu tersebut adalah 30 hari semenjak dilaporkan.

“Laporan dibuat sekitar tanggal 29 Mei lalu, jadi batas pengambilan keputusan adalah tanggal 28 Juni yang akan datang,” tutupnya.

Di tempat lain, hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Waykanan Ixuan Akhmadi, S.Sos., dimana penanganan sengketa tersebut masih dalam proses pembahasan. 

Panitia Pemilihan Kabupaten, nantinya akan berkonsultasi dengan Tenaga Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Pemerintah Kabupaten Waykanan. Setelah itu, baru akan diadakan rapat pengambilan kesimpulan dan pemutusan terkait laporan tersebut.

“Hanya Kampung Bukit Batu Kecamatan Kasui yang ada masalah sedikit, sehingga pelantikan Kepala Kampung terpilih pun kita tunda hingga ada keputusan tetap, dan untuk tahun 2022 yang akan datang, Waykanan kembali akan menggelar pelaksanaan pemilihan Kepala Kampung serentak di 118 Kampung yang tersebar di 15 Kecamatan yang ada di Waykanan, dimana dari pengalaman gelaran yang sama 2 periode terakhir kita berharap pelaksanaan Pilkakam tahun 2022 itu akan berjalan dengan lebih baik dari yang kita gelar tahun ini, dan kita juga berdoa semoga Cavid 19 cepat berlalu, sehingga masyarakat juga dapat melaksanakan hak pilihnya tanpa dihantui ketakutan akan pandemi Covid-19,” tegas Ixuan Akhmadi.(wk1/mlo)




Pos terkait