Senin, Pemkab Pringsewu Mulai Vaksinasi Tahap Awal

Medialampung.co.id – Vaksinasi di Kabupaten Pringsewu tahap awal bagi 10 orang terdiri dari pejabat publik dan juga dari tokoh agama serta tokoh masyarakat berlangsung di RSUD Pringsewu, Senin (1/2) mendatang.

Namun bagi mereka yang nantinya di vaksinasi menurut Kadiskes Pringsewu dr. Ulinoha mengikuti prosedur yang ditetapkan.

Bacaan Lainnya


“Untuk pemberian vaksin harus terlebih dahulu dilakukan screening. Salah satunya tidak dapat dilakukan pada yang berusia di atas 60 tahun dan memiliki penyakit penyerta (Komorbid),” jelas kata Dr Ulinnoha.

Sementara itu tahap awal pemberian vaksin untuk klaster tenaga kesehatan dan non kesehatan yang berada di fasilitas kesehatan. 

“Sudah distribusikan 4.200 vaksin Covid-19 yang akan digunakan untuk tenaga kesehatan di 13 puskesmas dan 4 rumah sakit rujukan yang ada di kabupaten Pringsewu,” terangnya.

Seperti diketahui Dinas kesehatan kabupaten Pringsewu telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung Vaksinasi Covid 19 dilaksanakan. Termasuk mempersiapkan sumber daya manusianya.

“Sebanyak 13 puskesmas di Kabupaten Pringsewu serta Rumah Sakit Umum Daerah dan 3 rumah Sakit Umum Swasta yang disiapkan untuk memberikan pelayanan Vaksin,” jelas Kabid P2A Dinas kesehatan Pringsewu dr Hadi Muchtarom yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Pringsewu dr. Ulinoha. 

Untuk mendukungnya juga telah disiapkan tenaga khusus yang telah mengikuti pelatihan. Lanjut dr Hadi sebanyak 70 orang masing-masing Puskesmas terdiri 5 orang (dokter, perawat, bidan) telah mengikuti pelatihan.

Kemudian tenaga di 4 rumah sakit yakni RSUD Pringsewu, Rumah Sakit Mitra Husada, Rumah Sakit Wisma Rini dan Rumah Sakit Surya Asih. akan dilatih kembali.(sag/mlo)


Pos terkait