Seorang Pekerja di Stasiun Kepanduan Kotaagung Jalani Tes Swab

  • Whatsapp
Tim Medis dari UPT Puskesmas Kotaagung mendatangi Kantor Pelabuhan Kotaagung untuk mengambil sampel PCR dari seorang pria berinisial TMS yang bekerja sebagai Pandu di Stasiun Kepanduan Kotaagung, Jumat (22/5). - Foto dok Polsek Kotaagung/mlo

Medialampung.co.id – Tim Medis yang dipimpin Kepala UPT Puskesmas Kotaagung dr Benson Ginting telah mengambil sampel dari seorang pria berinisial TMS (65) yang bekerja di PT. Pelindo Cabang Panjang Stasiun Kepanduan Kotaagung untuk dilakukan tes PCR (Polymerase Chain Reaction) atau tes swab untuk mengetahui apakah yang bersangkutan positif Covid-19 atau negatif.

Selain mengambil sampel PCR, tim medis UPT Puskesmas Kotaagung yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) juga melakukan rapid diagnostic test (RDT) terhadap tiga rekan kerja dari TMS. 

Bacaan Lainnya

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Tanggamus dr. Eka Priyanto mengatakan bahwa PCR atau swab dilakukan lantaran rapid test pada TMS di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Panjang 20 Mei lalu hasilnya reaktif. 

“Jika hasil rapid tes atau RDT reaktif itu belum tentu positif Covid 19. Untuk mengkonfirmasinya harus dengan uji PCR atau swab test, itu protap yang harus dilakukan untuk mendiagnosa covid19 positif. Untuk PCR dilakukan selama dua hari, hari ini dan besok, kemudian sampel yang kita kirim ke Provinsi Lampung untuk diperiksa,” ujar Eka, Jumat malam (22/5).

Dilanjutkan Eka, bahwa sambil menunggu pengambilan sampel swab test kedua dan menunggu hasil laboratorium, terhadap TMS dilakukan Isolasi mandiri di mess Pelabuhan Kotaagung.

“Kondisi yang bersangkutan terus dipantau kemudian untuk tiga rekan TMS yang dilakukan Rapid Test juga tidak ada keluhan sehingga disarankan untuk melakukan Isolasi mandiri di rumah/mess,” pungkasnya. (rnn/ehl/mlo)


Pos terkait