Serahkan SK CPNSD, Parosil: Jadilah ASN yang Disiplin dan Berintegritas

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus menyerahkan surat keputusan (SK) kepada 165 orang Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) formasi 2019 yang terdiri dari tenaga guru sebanyak 46 orang, tenaga medis sebanyak 54 orang dan tenaga teknis lainnya sebanyak 65 orang yang dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu Pekon Watas Kecamatan Balikbukit Selasa (18/1).

Dalam sambutannya, Pakcik—sapaan Parosil Mabsus mengungkapkan, Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan aparatur negara memiliki arti yang sangat strategis dan mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggara pemerintah dan pembangunan. Disamping itu pegawai negeri sipil juga sebagai kader dalam birokrasi yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan nantinya, serta memiliki peranan yang besar dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik.

Bacaan Lainnya

“Untuk membentuk ASN yang baik, perlu dibina dan diberi pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika sebagai CPNS, di samping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintah negara, bidang tugas dan budaya organisasi agar mampu melaksanakan tugas dan peranannya sebagai pelayan masyarakat,” kata dia. 

Terusnya, demikian kuatnya arus perubahan era saat ini, untuk itu kita harus memahami dan menghayati benar-benar paradigma baru pelayanan aparatur pemerintah, yakni satu paradigma yang menempatkan kepuasan pelayanan kepada masyarakat diatas segala-galanya, atau dalam artian lain, bagaimana kita bisa menempatkan diri kita sebagai pelayan atau abdi masyarakat yang baik.

“Oleh karena itu sebagai seorang CPNS sepantasnyalah memiliki tekad yang kuat dan bulat yang didasari oleh rasa tanggung jawab baik terhadap pemerintah maupun bagi masyarakat daerah dan lebih luas lagi terhadap bangsa dan negara dalam mengabdikan diri sebagai abdi negara,” ujarnya. 

Lebih lanjut Parosil mengungkapkan, pengadaan CPNS pada prinsipnya merupakan salah satu upaya dan solusi dari pemerintah dalam rangka memberikan solusi pelayanan yang terbaik dan optimal bagi masyarakat.

“Sebagai seorang yang terpilih dan terpercaya oleh pemerintah dan masyarakat, jangan sampai kinerja dan kedisiplinan saudara mengendur dan memiliki integritas yang rendah sehingga pada akhirnya hanya menjadi beban negara dan pimpinan,” timpalnya. 

Kemudian, sebagai seorang aparatur pemerintah dituntut untuk selalu berkreasi, dan berinisiatif serta dapat memberikan pelayanan publik yang prima dan berkualitas serta memenuhi prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik (good governance).

“Harapannya kepada seluruh CPNS yang baru saja menerima surat keputusan pengangkatan agar terus meningkatkan kompetensi, keahlian dan kepekaan dalam mencermati keadaan yang tengah dihadapi dewasa ini, serta mampu merubah setiap tantangan menjadi peluang yang baik dengan menunjukkan etos kerja yang dilandasi oleh profesionalisme yang tinggi,” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait