Serap Aspirasi Pelaku UKM, Anggota DPD RI Kunjungi KWT Dahlia

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Daerah Lampung, KH. Ir Abdul Hakim, M.M, menggelar reses dengan mengunjungi Kelompok Wanita Tani (KWT) Dahlia di Pekon Sukamaju, Kecamatan Lumbokseminung, Selasa (4/8). 

Dengan memiliki lingkup tugas salah satunya pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Abdul Hakim didampingi anggota DPRD Lambar Nopiyadi, S.Ip, menggelar diskusi dengan para anggota KWT yang bergerak pada kegiatan usaha produksi kopi bubuk robusta, budidaya hortikultura serta penghasil bibit alpukat sambung pucuk. 

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu, Abdul Hakim menyampaikan bahwa dirinya tengah bertugas melakukan pengawasan terhadap Undang-Undang No.20/2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Menurutnya, undang-undang ini disusun agar UMKM tumbuh dan berkembang membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan.

“Pemberdayaan UMKM diselenggarakan secara menyeluruh, optimal, dan berkesinambungan melalui pengembangan iklim yang kondusif, pemberian kesempatan berusaha, dukungan, perlindungan, dan pengembangan usaha seluas-luasnya, sehingga mampu meningkatkan kedudukan, peran, dan potensi UMKM dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan dan peningkatan pendapatan rakyat, penciptaan lapangan kerja, dan pengentasan kemiskinan,” ujar Abdul Hakim yang juga menjabat sebagai pimpinan Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) ini.

Ia berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan dan pengembangan UMKM, di Lambar dengan memperjuangkan aspirasi para pelaku UMKM ke berbagai pihak baik pemerintah pusat maupun daerah agar UMKM terus mendapat perhatian.

“UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional harus terus mendapat perhatian, karena UMKM akan mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan indeks pendapatan warga, ini menjadi salah satu tugas saya di komite IV, untuk menyampaikan kepada pihak-pihak terkait, terimakasih aspirasi, saran dan masukannya” tegasnya. 

Sementara itu, atas nama KWT Dahlia, Peratin Pekon Sukamaju Piryan Adrianda  mengucapkan terimakasih atas kehadiran anggota DPD RI yang tentunya telah membawa semangat bagi para KWT untuk mengembangkan kegiatan usahanya.

“Terimakasih atas motivasi yang diberikan kepada para anggota KWT di pekon kami, kedepan kami berharap dukungan dari  pemerintah agar keberadaan UMKM di wilayah ini semakin tumbuh dan berkembang,” harapnya.(edi/mlo)



Pos terkait