Setelah Kibut, Kini Giliran Suweg yang Mekar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Jika beberapa waktu lalu Kibut atau bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum)berhasil mekar di Kebun Raya Liwa (KRL) Lampung Barat, kali ini bunga serupa yang ukurannya lebih kecil yang biasa dikenal dengan nama suweg atau dalam bahasa latin disebut Amorphophallus Paeoniifolius juga berhasil mekar di pusat pembibitan KRL atau Taman Araceae.

Diketahui, bunga bangkai yang  mekar sempurna pada Sabtu (7/12) tersebut merupakan satu dari sejumlah bunga dengan jenis yang sama yang juga siap  mekar, dan berasal dari hasil eksplorasi pihak KRL dari sejumlah wilayah di kabupaten setempat. Amorphophallus Paeoniifolius  tersebut mulai berbunga pada tanggal 16 Oktober lalu,  dan mekar sempurna, Sabtu (7/12).

Bacaan Lainnya


”Untuk bunga bangkai yang mekar sekarang ini, berasal dari masyarakat, ada masyarakat yang secara sukrela menyerahkan ke kami untuk dilakukan konservasi di KRL, dan Alhamdulillah  mengalami pertumbuhan yang cukup baik dan saat ini mekar sempurna, selain satu ini ada beberapa bunga yang sama lainnya yang mekar dalam waktu dekat,” ungkap Kepala Badan Pelelitian dan Pengembangan (Balitbang) Lambar Tri Umaryani.

Upaya penyelamatan bunga bangkai yang kerap tumbuh di pekarangan maupun perkebunan warga tersebut telah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir, terlebih untuk jenis Amorphophallus Paeoniifolius merupakan jenis bunga bangkai yang bisa dikonsumsi, sehingga perlu diselamatkan untuk menjaga kelestariannya.

”Alhamdulillah, selama ini jika ada tumbuh bunga bangkai di sekitar perkebunan, ada saja masyarakat yang menyampaikan ke kami, dan menyerahkan secara sukarela untuk menjadi salah satu koleksi di KRL,” kata dia.

Untuk pemeliharaan tanaman ini, lanjut dia, tidak terlalu sulit, perawatannya hanya membutuhkan media tanam yang subur, diberi pupuk kompos atau pupuk kandang sebagai sumber  nutrisi dari tanaman tersebut agar tumbuh menjadi bunga.

”Untuk jenis ini banyak dikoleksi di KRL, hanya saja memang baru beberapa yang sudah mekar, bahkan ada beberapa yang ditanam di dalam pot saat ini tumbuh dengan baik dan sudah siap untuk berbunga,” imbuhnya. (nop/lus/mlo)



Pos terkait