Setelah Patroli Limbah Laut, DLH Lampung Lakukan Pemulihan Sembari Menunggu Hasil Uji Laboratorium

Plt. Kepala DLH Provinsi Lampung, Murni Rizal

Medialampung.co.id – Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Lampung, Murni Rizal mengatakan pihaknya bersama Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) telah melakukan patroli ke perairan laut Lampung yang tercemar limbah mirip minyak aspal.

“Iya kemarin, Rabu (6/10) kita berpatroli. Untuk limbah jenis minyak sudah tidak ditemukan lagi di tengah laut hanya di pinggir pantai sisa-sisa limbah kemarin,” ungkapnya saat dimintai keterangan, Kamis (7/10).

Bacaan Lainnya


Lanjutnya, Tim melakukan patroli ke perairan laut mulai dari Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur, Pesawaran, Tanggamus hingga Pesisir Barat menggunakan kapal yang dipinjamkan oleh Ditjen Perhubungan Laut.

Ia juga mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait dengan uji laboratorium terhadap sampel limbah yang sudah dilakukan sejak beberapa minggu yang lalu.

“Kita sedang tunggu hasilnya dan terus berkoordinasi menunggu keputusan lebih lanjut,” terangnya.

Saat dimintai keterangan jika nantinya terbukti perusahaan di Lampung yang melakukan pencemaran maka akan ada konsekuensi hukum yang akan diberikan kepada perusahaan yang bersangkutan.

“Iya ditindaklanjuti secara hukum. Sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Bapak Gubernur minggu yang lalu,” Kata dia.

Ia juga mengatakan saat ini menunggu perintah dari pusat dan tengah berupaya untuk melakukan pemulihan. 

“Ia jadi sekarang sembari menunggu hasil terus berupaya melakukan pemulihan dengan maksimal dan gerakan terpadu. Tapi untuk sekarang-sekarang ini upaya maksimal di kabupaten/kota dan upaya skala Nasional kita minta bantuan KLHK karena terkait unsur-unsur dugaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3),” pungkasnya (ded/mlo)


Pos terkait