Setiap Dua Minggu Sekali, Dinkes Testing Covid-19 di Sekolah

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B.

Medialampung.co.id – Setiap dua minggu sekali Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Barat, bersama Puskesmas jajaran melakukan testing Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di sekolah-sekolah yang ada di kabupaten setempat. Hal ini dalam rangka deteksi dini untuk memastikan bahwa Pendidikan Tatap Muka (PTM) tetap aman dari penyebaran Covid-19. 

Kepala Dinkes Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp. B., mengungkapkan, dalam rangka menjamin  keamanan terkait pelaksanaan PTM salah satunya dengan  melakukan testing terhadap siswa baik di tingkat SD, SMP dan SMA.

Bacaan Lainnya

“Kami mengadakan  testing dengan swab antigen selama dua minggu sekali yang kami pilih secara random. Kami sempat menemukan adanya siswa yang terpapar tetapi setelah dilakukan tracing hasilnya negatif semua,” ungkapnya. 

Pihaknya mengerahkan seluruh layanan puskesmas di dalam satu kawasan dengan sekolah tersebut. Hal itu dilakukan Dinkes untuk mempermudah dan mempercepat tracing di lingkungan sekolah.

”Untuk layanan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan (Nakes) kami ambil dari puskesmas yang terdekat dengan sekolah tersebut,” kata dia. 

Ia mengimbau baik siswa maupun tenaga pendidik harus terus menerapkan prokes. Mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan. Kemudian meja dan kursi antar siswa harus diperhatikan jaraknya. 

“Insha Allah jika kita mematuhi prokes maka penyebaran Covid-19 bisa tetap dikendalikan dan tentunya jika memang sudah benar-benar aman maka PTM penuh sebagaimana harapan pihak sekolah selama ini bisa dilakukan,” pungkasnya. (nop/mlo)

Pos terkait