Siap Hadapi New Normal

  • Whatsapp
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad

Medialampung.co.id – Menghadapi wacana new normal yang ditegaskan oleh Presiden RI Joko Widodo. Jajaran Brimob Batalyon A Pelopor yang tergabung dengan TNI kembali melakukan Operasi Aman Nusa II yang telah dimulai sejak Selasa (2/6).

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menjelaskan, akan siap mengikuti instruksi Presiden RI Joko Widodo dalam menerapkan new normal yang telah disampaikan ke Kapolri Jenderal Idham Azis ke seluruh Polda yang ada di Indonesia dalam hal mendisiplinkan masyarakat.

Bacaan Lainnya



“Dan ini tentunya kembali lagi ke kebijakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Covid-19 yakni Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Yang dimana nanti tentunya akan dilakukan semacam koordinasi di lapangan juga menyiapkan SOP terkait siklus dari Pandemi Covid-19 ini,” ujarnya, Rabu (3/6).

Termasuk juga kata Pandra -sapaan akrabnya- akan menerapkan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru), seperti memakai masker, mencuci tangan, menerapkan social distancing.

“Personel yang disiapkan saat ini kita siapkan dari kegiatan pasukan Aman Nusa 2. Yang jadi kegiatan Operasi Aman Nusa 2 ini akan dilanjutkan lagi dan diperpanjang lagi,” jelasnya.

Ditanya apakah nanti pihaknya akan menyebarkan personel ini di beberapa titik, Pandra pun mengatakan bahwa pihaknya tidak menentukan titik tetapi akan difokuskan di beberapa sektor.

“Ada lima sektor yang akan kita fokuskan. Seperti sektor umum, perdagangan, pariwisata, industri dan perhubungan,” bebernya.

Menurutnya lagi, untuk pelaksanaan new normal masih belum tahu kapan dilaksanakan untuk di Lampung.

“Tetapi akan dilaksanakan setelah ada rapat ketua gugus tugas. Intinya Polda Lampung sudah siap apabila diberlakukan new normal dan menunggu keputusan dari Gubernur Lampung,” ungkapnya.

Sebelum pelaksanaan itu dilangsungkan, pihaknya juga telah menurunkan personel yang tergabung dalam Operasi Aman Nusa II dengan melaksanakan selalu operasi skala besar yang tergabung bersama TNI dan Satpol PP.

“Kegiatan patroli ini memang dipusatkan di pasar-pasar, pertokoan juga jalan raya. Disini personel bertugas menekankan untuk memberikan himbauan kepada masyarakat umum khususnya secara humanis, agar tidak berkerumun juga selalu memakai masker dan jaga jarak,” pungkasnya. (mlo/)



Pos terkait