Siapkan 100 Ribu Ekor Ikan Nila, Dinas Perikanan Lambar Restocking di Dua Embung

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Barat tahun anggaran 2021 ini kembali memprogramkan tabur benih ikan (restocking) sebagai upaya penambahan stok ikan tangkapan, yang dengan sasaran dua embung yakni di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau serta embung di Pekon Sukabanjar Kecamatan Lumbokseminung.

Kepala Dinas Perikanan Lambar Kamaluddin, ST., mengungkapkan, untuk program restocking tahun ini, pihaknya menyiapkan sebanyak 100 ribu ekor benih ikan nila, yang akan ditebar di dua embung tersebut. Dipilihnya kedua embung tersebut sebagai sasaran program dimaksud, mengingat kedua pekon setempat yang telah menyampaikan usulan.

Bacaan Lainnya

”Kalau tahun-tahun sebelumnya di embung yang ada di Kecamatan Kebuntebu dan beberapa kecamatan lainnya, nah untuk tahun ini sasarannya embung di Pekon Buay Nyerupa dan Sukabanjar, dengan banyaknya benih ikan nila yang akan ditebar itu sebanyak 100 ribu ekor,” ungkapnya.

Dijelaskannya, tujuan dari restocking selain menambah stok ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang. Juga merupakan salah satu upaya kegiatan perikanan dalam memanfaatkan sumberdaya secara berkesinambungan sehingga perlu dilakukan secara bijaksana.

”Tujuan restocking selain menambah stok ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum khususnya sungai sebagai ekosistem akuatik yang seimbang,”ujarnya.

Disinggung soal pengelolaan ikan pada kedua embung tersebut, menurut Kamaluddin, kedepannya akan diserahkan kepada pekon untuk mengelola dan memanfaatkannya untuk kepentingan masyarakat, yang tentunya keberadaan ikan pada embung tersebut diharapkan akan mampu mensejahterakan masyarakat dan akan berdampak pada pengembangan perikanan di wilayah itu.

”Jadi nantinya kalau ikannya sudah besar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, namun untuk pengelolaannya tentunya akan kami serahkan sepenuhnya kepada pekon, namun tentunya harapan kami saat ikan yang kita tebar bisa berproduksi dengan baik tentunya harapan kami akan berkembang, dan akan muncul kolam-kolam rakyat, sehingga keberadaanya akan berdampak besar untuk kesejahteraan masyarakat,” kata dia. (nop/mlo)




Pos terkait