Siapkan Delapan Armada, DLH Lambar akan Lakukan Penyisiran Sampah di 10 Titik

  • Whatsapp
Kabid Kebersihan DLH Lambar Heriyanto

Medialampung.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Barat, akan melakukan penyisiran sampah di sepuluh titik sepanjang jalan mulai dari Kecamatan Sumberjaya hingga Kecamatan Sukau. 

Dalam penyisiran sampah tersebut, DLH menyiapkan sebanyak delapan armada truk pengangkut sampah, puluhan petugas.

Bacaan Lainnya

Kabid Kebersihan pada DLH Lambar Heriyanto mengungkapkapkan, sepanjang jalan nasional dari Sumberjaya-Liwa dan jalan provinsi Liwa-Sukau terdapat sepuluh titik yang menjadi tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. 

Karena keberadaan tumpukan sampah tersebut cukup mengganggu, maka pihaknya secara rutin melakukan penyisiran.

”Kegiatan penyisiran ini juga dalam rangka menyambut HUT Lambar ke-30. Kami menyiapkan petugas dan juga armada untuk mengangkut sampah tersebut,” ungkap Heriyanto, mendampingi Kepala DLH Lambar Ansari, Senin (20/9).

Dijelaskan, sampah hasil penyisiran nantinya akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di Pekon Bahway Kecamatan Balikbukit. Untuk selanjutnya, diharapkan setelah dilakukan penyisiran masyarakat tidak lagi membuang sampah di lokasi tersebut.

”Sampah yang kami angkut biasanya adalah sampah yang berasal dari limbah rumah tangga dan juga limbah dari pasar, karena itu diharapkan kesadarannya agar tidak lagi membuang sampah sembarangan, karena sebenarnya limbah rumah tangga bisa diolah secara mandiri, dan bisa dimanfaatkan, untuk sampah plastik bisa dijual dan sampah sayuran bisa dimanfaatkan sebagai pupuk, begitu juga dengan limbah pasar,” kata dia.

Sejauh ini, lanjut Heriyanto, jumlah sampah yang dihasilkan mencapai 16 ton dalam setiap kali penyisiran, sampah kemudian diangkut ke TPAS Bahway untuk dilakukan pengolahan sebagaimana mestinya. (nop/mlo)

Pos terkait