Siapkan Diri Hadapi Bencana dengan Tas Siaga Bencana

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bencana memang datangnya tidak bisa diduga, dan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) merupakan daerah yang memiliki tingkat kerawanan bencana yang cukup tinggi. Karena itu masyarakat Lambar dituntut untuk selalu siap dalam menghadapi berbagai macam potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Salah satu langkah untuk menghadapi keadaan darurat saat terjadi bencana yaitu dengan menyiapkan Tas Siaga Bencana (TSB), yaitu tas ransel yang berisi berbagai kebutuhan dasar yang dipersiapkan sebelum terjadi bencana untuk dipergunakan dalam kondisi darurat.

Bacaan Lainnya



Kabid Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana Hidayatullah, S.H., mendampingi Kepala BPBD Drs. Gison Sihite, M.M., menghimbau masyarakat Lambar untuk selalu siap siaga menghadapi berbagai potensi bencana yang mungkin terjadi, terlebih pada musim hujan seperti saat ini dimana bencana banjir dan longsor mengancam berbagai daerah di Lambar. “TSB akan sangat berguna ketika menghadapi situasi darurat pasca bencana karena berisi berbagai macam kebutuhan dasar,”  ungkap Hidayatullah.

Ia menjelaskan, kebutuhan dasar minimum yang direkomendasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI untuk dimasukkan ke dalam tas siaga bencana yaitu perbekalan setidaknya untuk tiga hari, antara lain air minum kemasan, makanan siap saji, pakaian berupa baju lengan panjang, celana panjang dan pakaian dalam, senter berikut baterai cadangan, dan kotak P3K. Kemudian ada perlengkapan lain seperti uang tunai, peluit untuk memberi sinyal bantuan, masker, perlengkapan mandi, pisau lipat serba guna, serta ponsel beserta pengisi daya (charger) plus baterai cadangan/power bank.

“Selain perbekalan, kita juga perlu menyiapkan dokumen penting seperti fotocopy kartu keluarga, tanda pengenal, surat/sertifikat berharga serta ijazah yang disimpan di dalam plastik kedap air,” kata dia seraya menambahkan agar meletakkan TSB di tempat yang mudah dijangkau. (bdi/lus/mlo)



Pos terkait