Sidak Pasar, Disbunnak Lambar Tidak Temukan Daging Busuk

Medialampung.co.id – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit, Selasa (12/4).

Tim yang dipimpin Kabid Peternakan Disbunnak Alma Arif mendatangi sejumlah pedagang daging dan telur guna memastikan stok daging dan telur yang dijual aman dan layak untuk dikonsumsi.

Bacaan Lainnya


Kabid Peternakan Alma Arif mendampingi Kepala Disbunnak Yudha Setiawan mengungkapkan, di Pasar Liwa, tim memeriksa kondisi daging sapi dan daging ayam, seperti warna, kekenyalan, aroma dan lainnya. 

“Hasil pengecekan, kita tidak menemukan adanya daging busuk, daging gelonggongan serta daging ayam tiren (mati kemaren). Daging yang dijual bagus dan aman untuk dikonsumsi,” ungkap Alma Arif, Selasa (12/4).

Selain mengecek kondisi daging, kata dia, pihaknya juga mengecek stok dan harga daging dan telur. 

“Untuk harga daging sapi Rp140.000/Kg-Rp150.000/Kg, ayam kampung Rp75.000/Kg, ayam potong Rp35.000-Rp38.000/Kg. Sementara untuk harga telur ada kenaikan yaitu semula Rp46.000/Kg naik menjadi Rp48.000/Kg, kenaikan ini dikarenakan stok terbatas sementara permintaan meningkat menjelang hari raya lebaran,” ujar dia.

Seraya menambahkan, untuk stok daging di Kabupaten Lambar selama bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. 

“Kita menghimbau kepada pedagang daging sapi dan ayam untuk menjual daging yang segar dan berkualitas. Serta diharapkan untuk melakukan pemotongan sapi di rumah potong hewan (RPH) Liwa,” pungkas dia (lus/mlo)


Pos terkait