Siltap Perangkat Kampung Tak Kunjung Cair

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sejumlah Kepala Kampung dan Perangkat Kampung di Kecamatan Gunung Labuhan, Kabupaten Waykanan mengeluhkan penghasilan tetap (Siltap) mereka yang tak kunjung cair walaupun sudah memasuki pertengahan bulan Januari 2021.

“Siltap tersebut semestinya sudah kami terima diakhir tahun 2020, akan tetapi hak kami itu hingga hari ini belum juga kami terima,” ujar salah satu Kepala Kampung. 

Bacaan Lainnya


“Kami dijanjikan akan menerima Siltap itu sekaligus dalam satu triwulan, akan tetapi janji itu hanya isapan jempol belaka, karena selama di Tahun 2020 belakangan ini tidak pernah dicairkan secara Kumulatif, apa alasannya kami juga tidak tahu, bahkan terkadang hanya 2 bulan atau hanya satu bulan, saja padahal mestinya cair secara sekaligus dalam Triwulan,” imbuhnya. 

Masih menurut kepala kampung tersebut, bahwa sebelum pencairan siltap pihaknya diwajibkan untuk menyerahkan pengajuan penghasilan tetap (Siltap) perangkat Kampung serta Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) itu untuk 3 Bulan (Triwulan) bukan 2 bulan ataupun 1 bulan. 

“Untuk pengajuan Siltap kami itu sekaligus dengan BPK untuk 3 Bulan tapi Alhamdulillah belum cair, termasuk BPK juga entah-berantah belum ada titik temu terkait honor tersebut,” keluhnya.

“Besar harapan kami Siltap perangkat Kampung segera dicairkan, karena kami sangat membutuhkan itu sampai saat ini bahkan sudah banyak yang ngutang sana dan sini demi menunjang kebutuhan Primer keluarga akibat merosotnya perekonomian keluarga, apalagi saat ini bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa terpuruknya ekonomi akibat dilanda Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai sehingga melumpuhkan segala sektor jadi kami sangat mengharapkan hak kami itu segera dicairkan demi menambah asupan serta suplemen perekonomian kami,” Imbuhnya. 

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Kampung (PMK) Kabupaten Waykanan Ixuan Akhmadi, S.Sos., saat dikonfirmasi meminta untuk berhubungan dengan kabinetnya karena dirinya sedang tidak sehat 

“Ke kantor saya temui Kabid Ketut Artike, saya lagi kurang sehat,” kata Ixuan saat dikonfirmasi melalui Via WhatsAppnya.(wk1/mlo)


Pos terkait