Simulasi e-Voting Berjalan Lancar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Meski secara umum simulasi dan uji coba Pemilihan Kepala Desa secara e-Voting oleh Kementerian Dalam Negeri di pekon Podomoro, Kecamatan Pringsewu, sudah cukup baik. Namun Dirjen Bina Pemdes Kemendagri RI DR Drs. Yusharto Huntoyungo, M.Pd., yang meninjau pelaksanaannya berharap tetap ada penyempurnaan.

“System yang ada sudah bagus terintegrasi dengan e-KTP. Mulai dari pendaftaran dan lainnya. Serta tak ada lagi catatan manual,” ungkapnya, Selasa (9/2).

Bacaan Lainnya

Terkait era Pandemi Corona yang masih berlangsung dalam e-Voting tersebut Dirjen Bina Pemdes Kemendagri RI juga memberikan perhatian khusus.

Diantaranya penggunaan layar sentuh yang hendaknya dapat diberi pelapis. Yang nantinya setelah beberapa kali digunakan dapat disemprot dengan desinfektan. 

Kemudian juga hendaknya KTP yang digunakan tak banyak disentuh oleh orang. Termasuk lanjut Yusharto yakni adanya pendampingan bagi pemilih yang Lansia. Kemudian yang juga menjadi perhatiannya tetap terjaganya prinsip Luber.

“Kenapa kok tidak dari rumah, karena bisa saja yang menggunakan hak pilihnya orang lain. Kendo juga soal keamanan aplikasi tersebut, dimana lebih baik ketika pelaksanaan di offline setelah itu selesai baru online,” ungkapnya. 


Pos terkait