Simulasi Sirekap Pilkada Lamteng Akan Dilaksanakan di 12 Titik

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Setelah simulasi pencoblosan dan penghitungan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Tengah akan melaksanakan simulasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Elektronik (Sirekap) di 12 titik.

Meski demikian masih dalam pembahasan secara daring dengan KPU Pusat dan rencana simulasi Sirekap.

Bacaan Lainnya


Ketua KPU Lamteng Irawan Indrajaya menyatakan penggunaan aplikasi Sirekap masih dibahas bersama KPU Pusat.

“Ini masih daring dengan KPU Pusat membahas aplikasi Sirekap. Kita juga merencanakan simulasi Sirekap di 12 titik. Ini juga akan dibahas dengan komisioner dan staf lainnya,” katanya.

Terkait pelipatan surat suara, kata Irawan, direncanakan Kamis (26/11). 

“Berapa orang yang dilibatkan dalam pelipatan surat suara, kita juga belum tahu. Selain melihat kemampuan petugas pelipat suara, kita juga wajib tetap menerapkan protokol kesehatan. Ini juga masih dalam pembahasan,” ungkapnya.

Sedangkan Bawaslu Lamteng dalam simulasi pencoblosan dan penghitungan suara beberapa waktu lalu telah mengevaluasi. 

“Catatan penting kita terkait protokol kesehatan. Protokol kesehatan harus benar-benar diterapkan. Kita akan merekomendasikan penundaan pencoblosan jika protokol kesehatan tidak diterapkan dengan baik di TPS,” kata anggota Bawaslu Lamteng Yuli Effendi.

Diketahui dalam penggunaan aplikasi Sirekap membutuhkan jaringan internet. Sedangkan dari 28 kecamatan, ada lima kecamatan yang blank spot. Yakni Bandarmataram, Seputihsurabaya, Putrarumbia, Selagailingga, dan Sendangagung. 

Di beberapa kecamatan lain juga ada TPS yang blank spot, tapi tak banyak. KPU juga telah memetakan wilayah yang blank spot dari 2.390 TPS. Jaringan internet yang kuat ada di 2.326 TPS, jaringan internet lemah di 60 TPS, dan tidak ada internet 4 TPS.  (sya/mlo)




Pos terkait