Sinarjaya Salurkan BLT dan Kloset Program ODF

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Pekon Sinarjaya, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 12 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk lima bulan terhitung Januari-Mei 2021 bertempat di balai pekon setempat, Kamis (8/4).

Selain penyerahan BLT-DD juga dilangsungkan penyerahan secara simbolis kloset (toilet) untuk 26 warga, sebagai dukungan stop buang air besar (BAB) sembarangan atau Open Defecation Free (ODF). Target Kecamatan Airhitam meraih status kecamatan ODF.

Bacaan Lainnya

Dan untuk bantuan jambanisasi tersebut, pemerintah pekon bukan saja memberikan kloset melainkan juga bahan material lainnya, seperti pasir dan batu (sirtu) semen dan paralon untuk dibangunkan oleh warga menjadi jamban yang memenuhi standar kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah. 

Dalam sambutannya, Peratin Suparjo menyampaikan pertama kepada warga penerima BLT-DD untuk dapat memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin sesuai dengan sasaran bantuan itu sendiri.

”Kami sengaja mengupayakan penyaluran BLT-DD ini langsung lima bulan agar dana yang diterima betul-betul dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, apalagi sekarang memasuki bulan suci Ramadhan,” ungkapnya. 

Sedangkan terkait penyaluran bahan bangunan jambanisasi, tentunya sebagai bentuk upaya pihak pekon dalam mewujudkan Pekon Sinarjaya meraih status ODF. Artinya, pentingnya mengedepankan kesehatan lingkungan untuk terwujudnya kesehatan diri, pekon dan kesehatan jasmani dan rohani.

”Saya sampaikan terimakasih kepada semua pihak mulai dari jajaran aparatur pemerintahan pekon, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 pekon dan utamanya masyarakat Pekon Sinarjaya dalam kebersamaan dan keikhlasan bekerja, berkarya untuk kemajuan Pekon Sinarjaya,” paparnya. 

Suparjo mengajak warga untuk terus mengedepankan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah, penyebaran Covid-19 yang kondisinya hingga sekarang masih belum berakhir. 

Tampak dalam penyaluran tersebut hadir tim dari kecamatan, puskesmas petugas berkompeten lainnya, seperti babinsa, babinkamtibmas, pendamping desa. (r1n/hrs/mlo)




Pos terkait