Siswa RA Obesrvasi Tufoksi Dan Pemanfatan ADD Pekon Sumberalam 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Aparat Pemerintahan Pekon Sumberalam, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) kedatangan rombongan tamu yang terbilang tidak biasa dengan menanyakan tentang pencapaian Anggaran Dana Desa (ADD).

Bagaimana tidak, rombongan siswa didik dari RA Al-Hasimiyah yang berada di pekon tersebut, menyambangi balai pekon setempat dan menggelar tatap muka dengan aparatur pemerintahan pekon, dalam rangka ingin mengetahui Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) aparatur desa (pekon), serta seperti apa kegiatan pemerintahan pekon dan apa saja yang sudah dilaksanakan seperti dengan pemanfaatan Dana Desa (DD) maupun lain sebagainya.

Bacaan Lainnya



Kehadiran para tunas bangsa tersebut tentu disambut hangat oleh para apartur pekon yang dipimpin langsung oleh peratin M. Husain.

Kasi Pemberdayaan Purwasih mendampingi Peratin M. Husain menyebutkan, atas dasar maksud dan tujuan, kedatangan anak-anak RA bersama gurunya tersebut, langsung diberikan penjelasan secara detil oleh peratin.

Mulai dari pemaparan peran dan fungsi setiap aparatur hingga pemanfaatan Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) terutama sejak mulai direalisasikannya Program Anggaran Dana Desa (ADD).

“Pak Peratin juga menyampaikan dalam menjalankan program pekon baik seperti ADD dan ADP diterapkan setransparan mungkin, hal itu bukan saja sebagai bentuk keterbukaan publik, melainkan untuk bersama-sama mengawasi dan memberikan solusi,” ungkapnya.

Beliau juga mengajak anak-anak untuk rajin belajar dan menuruti perintah orang tua maupun guru. “Kepada guru RA Al-Hasimiyah Peratin mengajak untuk inten berkoordinasi khususnya dalam bentuk kebersamaan meningkatkan kualitas dan kwantitas pendidikan,” jelasnya

Sementara Kepsek RA Al-Hasimiyyah Usilawati, S.Pdi., menyebutkan kunjungan ke Balai Pekon tersebut merupakan bagian dari pendidikan yang diterapkan. Dan untuk kegiatan pendidikan Periode Maret tema-nya ‘pekerjaan’ dan Sub-Temanya ‘pegawai desa’.

Karena itulah, selain diberikan pemahan disekolah anak-anak di ajak untuk melakukan pengamatan langsung (Observasi) ke balai pekon dan menganl tufoksi aparat dan pembangunan.

“Seperti pengenalan tentang dokter (dr) kerjanya di rumah sakit, seperti itulah diantara kegiatan pendidikan yang diajarkan,” ujarnya.

Pihaknya juga menyebutkan ucapan terimakasih kepada peratin dan jajarannya yang kerap kali berkunjung ke RA Al-Hasimiyah dan telah memberikan bantuan pembangunan renofasi fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK). (ius/mlo)



Pos terkait