Siswa-Siswi SDN 1 Muarabaru Diberi Pembinaan Dokter Cilik

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam peran meningkatkan drajat kesehatan, sekaligus mendidik pelajar tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Peserta didik SD Negeri Muarabaru, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), diberikan pelatihan dokter cilik oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas setempat.

Tampak sekali, kehadiran para petugas kesehatan dalam kegiatan itu memberikan semangat baru anak-anak dalam menempuh pendidikan. Berbagai pelatihan dilaksanakan, mulai dari pembelajaran merawat kebersihan tubuh, hingga berbagai tata cara PHBS lainnya.

Kepala SDN setempat Surneti, S.Pd, menyebutkan, selain pelatihan tersebut, sekolah itu juga menyediakan fasilitas kesehatan, diantaranya penyediaan tempat cuci tangan, tempat sepatu, Mandi Cuci Kakus (MCK) dan berbagi lainnya.

“Siswa bukan hanya diajarkan teori kesehatan, namun anak-anak juga dibasakan untuk melaksanakan PHBS dalam sekolah sehingga mereka dapat terbiasa, salah satunya dengan mencuci tangan,” ujarnya.

Surneti yang lebih akrab disapa teh Encun, selain menyampaikan terimakasih kepada pihak Puskesmas Kebuntebu, juga kepada pihak Pekon Muarabaru yang telah memberikan sumbangsih besar untuk SD itu seperti dalam pembangunan MCK.

Sementara dikatakan Kepala Puskesmas Kebuntebu Hendri Saputra, S.Kep., program dokter cilik tersebut dilaksanakan secara bergilir di seluruh sekolah di wilayah itu, dimana kegiatan yang dilaksanakan seperti pembinaan tentang P3K, PHBS, Kantin Sehat dan banyak lainnya. “Kegiatan pembinaan dokter cilik ini merupakan salah satu program puskesmas,” tandasnya.(ius/mlo)



Pos terkait