Siswa SMK di Lambar Terapkan US Sistem Digital

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Siswa Kelas XII tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Lampung Barat, melaksanakan Ujian Sekolah (US) Tahun Ajaran 2019-2020 di sekolah masing-masing yang serentak dilaksanakan se-Provinsi Lampung.

Kepala SMK Negeri 1 Waytenong yang juga Ketua Musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Lambar Drs. Tukimin, M.Pd., menyebutkan dalam US tahun ini, seluruh SMK di Lambar menerapkan sistem digital mengunakan media smartphone, dan bagi yang tidak memiliki dapat mengunakan laptop.

Bacaan Lainnya



“Penerapan US Online ini baru tahun pertama dilakukan di Kabupaten Lambar. beda dengan UN yang sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu,” ungkapnya.

Lebih jauh, dijelaskannya dalam US kali ini, sistem pengawasannya tidak ada Standar Operasional Prosedur (SOP), melainkan pengawasan dilaksanakan oleh masing-masing sekolah.

Tapi dengan penerapan online ini, tidak perlu dikhawatirkan akan adanya aksi contek-contek sebab soal US antara satu dengan lainnya berbeda. Dan sistem penilaian otomatis. Hanya saja karena keterbatasan server dengan pemanfaatan online lokal maka diberlakukan sesion, Satu, Dua dan Tiga.

Lanjutnya,  masa pelaksanaan US selama Satu minggu dengan 12 mata pelajaran yang diujikan di semua jurusan.

“Sistem penilaian tetap mengunakan Kriteria Kelulusan Minimal (KKM), sebab US ini menjadi salah satu uji penentu kelulusan. Atau berbeda dengan Ujian Nasional (UN) yang menjadi pemetaan keberhasilan sekolah,” ujarnya.

Terkait sudah dilaksanakannya US TA 2019-2020 ini, Tukimin berharap semua siswa melaksanakan dengan tertib dan baik, dengan waktu seefisen mungkin.

“Jangan keluar sebelum waktu habis karena waktu yang disediakan dalam setiap season selama 120 menit,” tandasnya. (ius/mlo)



Pos terkait