Siswa SMPN 1 Krui Juara I Pidato Bahasa Lampung Tingkat Provinsi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Salah satu pelajar asal Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kembali menorehkan prestasinya ditingkat Provinsi Lampung. 

Kali ini diraih oleh Amelia Verlisa, siswa SMP Negeri 1 Krui yang berhasil merebut juara I dalam ajang lomba pidato bahasa Lampung tingkat SMP se-Provinsi Lampung yang telah digelar September 2021 lalu.

Bacaan Lainnya

Kepala SMPN 1 Krui, Wina Astuti, M.Pd., mengatakan suatu kebanggaan bagi sekolah dan Kabupaten Pesbar ada salah satu pelajar yang berhasil meraih prestasi tertinggi di tingkat Provinsi dalam lomba pidato bahasa Lampung tingkat SMP itu. Dimana, bahasa Lampung merupakan bahasa daerah yang harus tetap dipertahankan dan dilestarikan.

“Alhamdulillah, salah satu siswa kita yakni Amelia Verlisa mampu meraih juara I lomba pidato tingkat SMP se-Lampung. Ini merupakan salah satu prestasi yang membanggakan bagi kita bersama,” katanya, Kamis (7/10).

Dijelaskannya, lomba pidato yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah itu juga merupakan salah satu upaya dalam melestarikan bahasa daerah, khususnya bahasa Lampung. Terlebih, hal tersebut juga sesuai dengan arahan Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., yang senantiasa mengimbau masyarakat di Negeri Para Sai Batin dan Para Ulama ini untuk tidak malu dan gengsi dalam berbahasa sehari-sehari dengan menggunakan bahasa Lampung.

“Tentunya, hal itu juga merupakan salah satu indikator betapa kepala daerah sangat mencintai dan menjunjung bahasa daerah, khususnya bahasa Lampung Pesisir,” jelasnya.

Menurut dia, dalam belajar bahasa tidak ada batasan. Artinya, siapapun bisa belajar bahasa. Baik bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, maupun bahasa Daerah dan sebagainya. Karena itu, tidak ada kata terlambat bagi semua terutama siswa-siswi di SMPN 1 Krui untuk terus belajar dan mempelajari bahasa. Akan menjadi suatu kebodohan jika mau mempelajari bahasa daerah atau negara lain, tapi melupakan bahasa daerah sendiri.

“Untuk itu, melalui prestasi yang telah diraih oleh siswa SMPN 1 Krui dalam lomba pidato bahasa Lampung tingkat Provinsi, saya berharap ini menjadi motivasi bagi peserta didik lainnya untuk terus membudayakan bahasa Lampung, serta terus bersemangat mengukir prestasi-prestasi di masa mendatang,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)


Pos terkait