SKD CPNS Tanggamus Dimulai, Dilarang Pakai Joki

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bupati Dewi Handajani, diwakili Asisten III bidang Administrasi, Jonsen Vanisa membuka secara resmi pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS hari pertama Tanggamus, Sabtu (18/9).

Tes dengan metode computer assisted test (CAT) tersebut bertempat di SMK Yadika Kabupaten Pringsewu. 

Bacaan Lainnya

Dalam pengarahannya, dihadapan peserta tes, Jonsen Vanisa didampingi anggota Panselnas Suharto, Kepala BKPSDM Tanggamus, Aan Derajat serta para kepala dinas instansi, badan dan bagian mengatakan, seleksi kompetensi dasar (SKD) yang dilaksanakan hari itu tidak dipungut biaya dan bebas dari KKN. 

“Jadi kalau ada oknum yang menjanjikan, bapak, ibu bisa dibantu, bisa diterima, tolong catat namanya dan rekam wajahnya laporkan kepada pihak yang berwajib dalam hal ini polisi,” kata Jonsen. 

Karena tidak ada yang dapat menjanjikan, tidak ada yang seperti itu. Pada saat enter terakhir mengerjakan soal, bapak, ibu langsung dapat melihat nilai hasil tes. 

Tidak satu orangpun yang bisa merubah nilai tersebut. Itulah transparansi nya jadi tidak ada yang bisa main main, terang Jonsen Vanisa. 

“Lebih jauh Jonsen Vanisa menambahkan, tes SKD hari ini bobot nilainya 40% dan jika lulus, peserta akan mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) bobot nilainya 60%,” ujarnya. 

Kepada peserta, Jonsen berpesan agar mengerjakan soal soal dengan tenang dan kerjakan dengan sebaik baiknya. 

“Selanjutnya untuk mencegah adanya perjokian panitia menerapkan registrasi wajah. Pada saat registrasi peserta diharuskan membuka masker, dimana jika ada wajah peserta tidak sama dengan wajah peserta yang tertera dalam komputer, maka bapak ibu akan dimintai keterangan secara khusus. Dan jika terbukti ada pidananya,” ungkap Jonsen Vanisa. 

Kepala BKPSDM Tanggamus, Aan Derajat menambahkan, tes pada hari itu tiga sesi setiap sesi berjumlah 125 orang peserta yang dibagi pada 4 ruangan tes. 

Pelaksanaan tes hari itu menerapkan Prokes ketat. Setelah semua memenuhi syarat, sebelum masuk ruang tes CAT, peserta ditempatkan di ruang steril. 

“Disini peserta dapat menyaksikan tata cara CAT yang ditayangkan melalui video. Ini bertujuan agar peserta dapat mengetahui tata cara tes CAT. Setelah itu usai baru masuk ruang tes,” terang Aan Derajat.

Pelaksanaan Tes akan berlangsung hingga Sabtu 25 September mendatang. 

Sementara itu salah seorang Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), Suharto ketika dikonfirmasi Medialampung.co.id mengatakan, hasil penilaian Panselnas pelaksanaan tes bagus demikian juga sarana dan prasarananya semua telah memadai dan memenuhi syarat, kata Suharto sambil mengatakan anggota Panselnas dari Kanreg V yang ditugaskan pada Pelaksanaan tes CPNS Tanggamus berjumlah 4 orang.(ehl/mlo)


Pos terkait