SMAN 1 Batubrak Gelar Workshop Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – SMA Negeri 1 Batubrak, Kabupaten Lampung Barat menggelar Workshop pembelajaran dalam jaringan (Daring) sebagai salah satu strategi pendidikan di Masa pandemi Covid-19 dan Era New Normal di SMA setempat, Rabu (15/7). 

Kegiatan yang yang diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dan akan berlangsung selama tiga hari, yakni Rabu-Jumat (15-17/7) itu dihadiri Koordinator Pengawasan (Korwas) Dikmen wilayah III Gonsar Manurung, M.Pd, mewakili Kepala cabang dinas (Cabdin) Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung wilayah III Jhon Misdar Ali.

Bacaan Lainnya



Membuka kegiatan itu, Gonsar Manurung menyampaikan apresiasi kepada SMAN 1 Batubrak yang telah menginisiasi terselenggaranya workshop pembelajaran daring yang salah satunya bertujuan untuk menghapus image bahwa sekolah tersebut tidak bermutu dan memiliki SDM yang kurang profesional.

“Selain itu, dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan memperkaya pengetahuan dan keterampilan para pendidik, sehingga terciptanya kreativitas guru dalam menyajikan pembelajaran sehingga peserta didik merasa bermakna dan menyenangkan meskipun sedang berada di rumah,” harapnya.

Sementara, Kepala SMA Negeri 1 Batubrak Nafsiah, M.Pd., menyampaikan bahwa   penyebaran virus corona menyebabkan perubahan banyak pada tatanan kehidupan, termasuk proses pembelajaran. Dimana, sekolah wajib menjamin proses belajar sehingga tidak berhenti, meskipun di luar ruang kelas.

“Seiring dengan adanya kebijakan ini, kami menggelar workshop pembelajaran daring ini untuk menyajikan pola mengajar untuk menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif sehingga membuat siswa tidak merasa bosan dan tetap produktif meskipun belajar dari rumah,” terangnya.

Kemudian, manfaat pembelajaran daring guru dituntut untuk selalu belajar dan aktif agar dapat meningkatkan potensi IT-nya agar tidak tertinggal dengan siswa yang lebih paham dengan IT. Selain itu kegiatan Workshop ini juga diharapkan dapat membantu para tenaga pendidik yang haus akan ilmu teknologi. 

“Adapun materi yang kita sampaikan terkait dengan Pembuatan Absen online, Pembuatan Kelas pada Google Class Room, Pembuatan soal online menggunakan google form, Pembuatan media pembelajaran power point serta Pemanfaatan google drive,” pungkasnya seraya menambahkan bahwa meskipun SMAN 1 Batubrak sekolah kecil dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang minim namun pihaknya terus berupaya bersaing dengan sekolah besar di Lampung Barat. (edi/mlo)



Pos terkait