SMAN 1 Pesisir Tengah Gelar Pemilihan Duta GenRe

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melaksanakan pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) yang merupakan program kegiatan Pusat Informasi Konseling-Remaja (PIK-R) Ceria, di aula SMAN 1 Pesisir Tengah, Senin (22/11).

Kepala SMAN 1 Pesisir Tengah, Putrawan Jaya Ningrat, S.Pd, M.M., mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan remaja, dan lainnya. Melalui program itu, diharapkan mampu meningkatkan kualitas para pengelola dan pelaksana dalam memberikan akses informasi, pendidikan dan konseling bagi remaja disekolah.

Bacaan Lainnya

“Selain itu, dapat memberikan ruang bagi kelompok pendidik dan konselor sebaya untuk dapat mengekspresikan kreativitas dalam memberikan informasi, pendidikan dan konseling,” katanya.

Dijelaskannya, melalui program GenRe PIK-R Ceria di SMAN 1 Pesisir Tengah ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka menekan peristiwa perkawinan anak dan kehamilan pada remaja. Program GenRe diimplementasikan melalui pemberdayaan teman sebaya dan penguatan pengasuhan (parenting) keluarga, agar remaja mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana.

“Selain itu berkarir dalam pekerjaan secara terencana, dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai fase reproduksi sehat,” jelasnya.

Untuk itu, kata dia, dalam pemilihan Duta GenRe yang diikuti oleh pasangan putra dan putri perwakilan siswa dari setiap kelas tersebut diharapkan bisa berdampak terhadap seluruh siswa di sekolah ini. Salah satunya siswa dapat merencanakan sedini mungkin kehidupan mereka di masa yang akan datang. Karena itu, dalam pemilihan Duta GenRe tersebut para peserta menampilkan kemampuan public speaking tentang materi GenRe.

“Pemilihan Duta GenRe ini juga sekaligus untuk melakukan reorganisasi pengurus PIK-R Ceria SMAN 1 Pesisir Tengah periode 2021-2022. Hasil pemilihan Duta GenRe itu, pasangan pemenang akan mewakili SMAN 1 Pesisir Tengah mengikuti seleksi GenRe tingkat Kabupaten,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)

Pos terkait